Penyebab Telat Datang Bulan Selain Hamil

By Categories : Kesehatan

Penyebab Telat Datang Bulan Selain Hamil– Wanita memiliki siklus datang bulan normal adalah setiap satu bulan sekali, namun tidak sedikit wanita juga banyak yang mengalami telat datang bulan. Telat datang bulan sering kali dikatakan sebagai tanda kehamilan bagi seorang wanita, memang tidak ada salahnya namun hal itu tidak selalu benar. Sebaiknya untuk lebih bijaknya Anda mengetahui tanda-tandanya sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Telat datang bulan bukan selalu identik dengan kehamilan, jadi untuk Anda yang saat ini merasa tidak ingin hamil jangan merasa bingung ataupun risau dan sebaliknya jika Anda seorang yang merasa menginginkan untuk hamil jangan terlalu cepat untuk beransumsi bahwa Anda hamil ketika Anda sedang mengalami telat datang bulan, karena bisa jadi apa yang Anda alami hanyalah telat datang bulan biasa.

Penyebab Telat Datang Bulan
Terkait dengan telat datang bulan, untuk siklus datang bulan yang secara normal harus dialami oleh wanita adalah setiap satu bulan sekali atau dengan cara menghitung yang dimulai setiap hari ke 21 sampai dengan 30 hari setiap bulannya. Namun dalam beberapa kasus tidak semua wanita bisa mengalami sesuai dengan siklus tersebut yang dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab telat datang bulan selain hamil. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

Penyebab Telat Darang Bulan Selain Hamil

Faktor Stres
Ketika seseorang mengalami stres hal itu akan menyebabkan hormon yag mengatur siklus datang bulan mengalami penurunan. Maka dengan begitu secara tidak langsung siklus datang bulan menjadi tidak teratur. Cara untung mengatasinya adalah cukup dengan selalu berpikiran positif dan mencoba selalu rileks dalam keadaan apapun.

Perubahan aktivitas
Perubahan aktivitas yang dialami oleh seseorang salah satu penyebab yang membuat telat datang bulan. Perubahan tersebut misalnya adalah perubahan terhadap rutinitas bekerja atau wakitu tidur. Rutinitas bekerja yang menggunakan sift ini merupakan salah satu penyebabnya yang sedikit orang dapat menyadarinya. Maka dengan begitu akan berpengaruh terhadap perubahan hormon tubuh yang akan menyebabkan siklus datang bulan menjadi tidak teratur.

Perubahan Berat Badan
Perubahan berat badan meliputi penurunan atau naiknya berat badan seseorang. Namun yang lebih seringnya adalah seseorang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas. Sebaiknya untuk orang yang memiliki masalah dengan telat datang bulan dengan kondisi tubuh yang gemuk maka usahakan untuk melakukan diet karena berat berat badan berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab telat datang bulan atau menstruasi. Baca juga ini jenis sayuran terbaik untuk diet.

Demikian ulasan mengenai penyebab telat datang bulan selain hamil. Semoga dengan artikel ini akan membuat Anda tahu bahwasanya telat datang bulan bukan hanya tanda kehamilan melainkan banyak faktor yang dapat mempengaruhinya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Sekian dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel terkait lainnya Ciri-ciri hamil Muda.

loading...
Tags:penyebab telat haid selain hamil, penyebab telat datang bulan selain hamil, penyebab terlambat haid selain hamil, telat datang bulan tandanya apa, Penyebab terlambat datang bulan, penyebab datang bulan terlambat, penyebab terlambat haid, jika telat menstruasi tai tidak hamil itu tandanya kenapa, akibat telat datang bulan, telat haid tapi tidak hamil apa penyebabnya, penyebab telat mens, penyebab telat datang bulan tetapi tidak hamil, akibat dan penyebab terlambat haid, penyebab telat haid tapi tidak hamil, penyebab terlambat