Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Vertigo merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada telinga dalam yang menyebabkan penderitanya merasa pusing. Penyakit yang satu ini dikarenakan ketidakseimbangan pada tonus vestibular. Bagi seseorang yang menderita vertigo sebenarnya tidak disebabkan oleh faktor usia atau keturunan saja, melainkan beberapa faktor lainnya. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab vertigo dan bagaimana saja cara mengatasinya? Silahkan simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Vertigo

Beberapa Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Migrain

Migrain menjadi salah satu penyebab vertigo yang biasa dialami penderitanya. Vertigo karena migrain ini bisa terjadi selama beberapa menit sampai dengan beberapa hari. Migrain sendiri merupakan salah satu jenis sakit kepala sebelah yang sangat mengganggu.

Gangguan pada Penglihatan

Penyebab vertigo yang berikutnya adalah adanya gangguan pada penglihatan seseorang. Mata merupakan salah satu organ pada tubuh yang berfungsi untuk melihat. Ketika seseorang menatap layar terlalu lama otomatis mata akan lelah dan bisa mengakibatkan pusing. Ketidakseimbangan pada penglihatan bisa memicu resiko vertigo.

Gangguan yang Terjadi Pada Telinga Bagian Dalam

Seperti pada penjelasan di atas bahwa gangguan pada telinga bagian dalam juga menjadi masalah yang dapat memicu vertigo. Hampir sebagian besar seseorang mengalami vertigo karena mengubah posisi kepala dengan cepat, misal saja ketika bangun dari tidur langsung berdiri bukannya duduk terlebih dahulu. Vertigo pada jenis ini akibat dari telungan pada bagian dalam yang dapat dikenal dengan nama Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

Penyakit pada Sistem Saraf Pusat

Gangguan pada sistem saraf pusat menjadi penyebab penyakit vertigo berikutnya. Beberapa gangguan pada saraf diantaranya seperti multiple sclerosis, stroke, tumor, serta gangguan pada leher.

Faktor Lainnya

Adapun faktor lainnya yang dapat memicu vertigo adalah seperti minum-minuman yang beralkohol, obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya, menghisap zat kimia, dan bisa juga berada dalam ruangan tertutup dengan suhu yang panas.

Itulah tadi beberapa penyebab dari vertigo yang bisa Anda ketahui, untuk cara mengatasinya silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

  • Berdiri dengan tegak, kemudian diimbangi dengan membuka mata dan menutup kembali selama 5 kali.
  • Untuk cara berikutnya adalah memutarkan gerakan pada kepala ke kiri dan ke kanan sebanyak 3 kali.
  • Melakukan senam otot pada mata dengan cara mengikuti arah obyek yang bergerak. Misal saja Anda sedang fokus mengikuti obyek sepeda yang berjalan, atau obyek bergerak lainnya.
  • Melatih bola mata dengan rutin. Cara yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi vertigo jika dilakukan dengan rutin.
  • Caranya melatih bola cukup mudah yaitu dengan cara menggerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan secara horizontal. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali yang disusul dengan gerakan mata ke atas dan ke bawah secara vertikal selama 3 kali.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab vertigo dan cara mengatasi yang bisa Anda ketahui. Baca juga Buah penurun darah tinggi.

loading...