Pertolongan Pertama Pada Orang yang Terserang Stroke

By Categories : Kesehatan

Tahukah Anda stroke adalah suatu masalah kesehatan berbahaya yang merupakan pembunuh nomor 3 di dunia? Oleh karena itu sangat penting mengetahui tips mencegah stroke sejak dini dan mengetahui pertolongan pertama jika seseorang terkena stroke. Hal ini dikarenakan selain dapat  menyebabkan kematian, stroke juga dapat menyebabkan kecacatan. Secara umum stroke adalah adalah suatu kondisi dimana rusaknya sebagaian otak. Hal ini terjadi karena pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak mengalami penyumbatan, bocor, rusak ataupun robek.

Cara pencegahan stroke yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah mulai menjalani gaya hidup sehat. Jika Anda memiliki riwayat diabetes dan tekanan darah tinggi sebaiknya Anda mengurangi asupan gula dan juga garam. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan ketika melihat seseorang mengalami stroke? Banyak sekali orang yang tidak tahu dan bingung apa yang harus dilakukan bila melihat orang lain mengalami gejala stroke.

Padahal pertolongan pertama sangatlah dibutuhkan guna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah pertolongan pertama pada orang yang terserang stroke yang dapat Anda lakukan!

1433949449

Pertolongan Pertama Pada Stroke

Jangan dipindahkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan memindahkan penderita dari tempat asal ke tempat lain seperti ke kamar tidur dan lainnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dapat memungkinkan pecahnya pembuluh darah yang ada di dalam otak. Dalam kondisi ini, sebaiknya Anda membantu agar penderita tidak terjatuh kembali.

Tusuk ujung jari dengan jarum

Langkah kedua adalah dengan cara menusuk semua ujung jari dengan menggunakan jarum. Sebaiknya gunakanlah jarum suntik agar lebih steril. Akan tetapi jika tidak ada, Anda dapat memanfaatkan jarum lainnya seperti jarum jahit dan jarum pentul. Untuk mensterilkan jarum tersebut sebaiknya Anda membakarnya terlebih dahulu. Kemudian tusukkan jarum tersebut ke seluruh ujung jari. Ushakan agar darah dapat keluar. Jika tidak bisa, Anda dapat menekan jari-jari tersebut. Dengan cara ini, penderita akan sadar dalam jangka waktu sekitar 10 menit.

Tarik dan tusuk telinga dengan jarum

Pertolongan selanjutnya adalah dengan cara menarik kedua telinga dan menusuknya dengan menggunakan jarum. Hal dilakukan ketika mulut dan wajah penderita terlihat kurang normal. Caranya, tarik kedua telinga penderita hingga terlihat kemerahan. setelah itu, tusuklah ujung bawah kedua telinga dan lakukan hal tersebut 2 kali. Dalam beberapa menit penderita akan kembali normal dan sadar.

Cari pertolongan medis

Setelah kondisi penderita mulai pulih, segeralah  mencari pertolongan medis. Bawa penderita ke klinik ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa pertolongan pertama pada orang yang terserang stroke yang dapat Anda lakukan.

loading...
Tags:langkah pertama terkena stroke