Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung Mendadak yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Pertolongan pertama pada serangan jantung merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terhadap serangan jantung. Oleh karena itu diharapkan setiap orang mengetahui apa saja pertolongan yang harus dilakukan ketika kita menjumpai seseorang yang terkena serangan jantung mendadak. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Semua orang pastinya sudah tahu jika serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian di dunia. Sehingga, sangat penting sekali mengetahui pertolongan pertama yang tepat untuk serangan jantung mendadak. Serangan jantung mendadak bisa terjadi pada seseorang yang memang sudah menderita penyakit jantung ataupun kelainan pada jantung. Lantas apa saja penyebab dan gejala dari serangan jantung itu sendiri?

Serangan jantung mendadak biasanya disebabkan karena aliran darah yang menuju ke jantung berhenti. Akibatnya jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Biasanya ini terjadi karena adanya penumpukan plak atau lemak pada pembuluh darah arteri. Sehingga seseorang yang obesitas sangat rentan mengalami hal ini.

Untuk gejalanya sendiri pun bermacam-macam ada yang tidak merasakan gejala apapun atau merasakan gejala umum seperti rasa nyeri pada dada, kesulitan bernapas, tubuh mengeluarkan keringat dingin, kepala pusing, tubuh lemah dan rasa sakit yang berkembang mulai dari dada, punggung, perut, lengan, rahang dan bahu.

Jika Anda memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung ataupun jika Anda tiba-tiba bertemu dengan orang yang terkena serangan jantung, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Pertolongan pertama sangatlah penting karena dengan pertolongan pertama tersebut bisa meningkatkan harapan hidup penderita jantung. Lantas bagaimana pertolongan pertama yang tepat untuk dilakukan? Berikut ulasannya.pertolongan-pertama-pada-serangan-jantung

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung yang Tepat

Jangan Panik dan Tenangkan Diri

Jika Anda menjumpai orang yang terkena serangan jantung, Anda tak perlu panik. Merasa panik dan bingung justru dapat membuat pikiran menjadi keruh dan dapat membuat Anda melakukan hal yang gegabah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segera menelepon emergency.  Sembari menunggu pertolongan datang, Letakkan penderita pada posisi yang nyaman.  Pastikan jalur suplai oksigen atau pernapasan korban lancar.

Baca juga pertolongan pertama pada orang yang terserang stroke

Sebab dalam kondisi tidak sadar, biasanya leher cenderung tertekuk dan lidah lemas. Sehingga hal ini dapat menyumbat saluran pernapasan. Kata dokter sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana, dr Godeliva Maria Silvia Merry, M.

Si agar jalan pernapasan tidak terhambat Anda bisa menidurkannya dalam posisi telentang dengan kepala ditengadahkan dan dagu diangkat. Atau pastikan penderita dapat bersandar agar ia tidak perlu menyangga beban tubuhnya.

Buat Penderita Lebih Rileks

Membuat penderita lebih rileks dan tenang juga sangat dianjurkan. Salah satu hal yang dapat membuat penderita rileks adalah dengan melonggarkan pakaiannya. Jika penderita terkena serangan jantung di tempat umum, mintalah orang-orang disekitar untuk memberi jarak yang cukup. Hal ini bertujuan agar ia mendapatkan udara segar yang cukup. Selain itu, kerumunan orang justru dapat membuat penderita semakin panik dan tidak nyaman.

Tanyakan Obat Apa Saja yang Dibawa

Setelah penderita sudah mulai tenang dan bisa berkomunikasi dengan lancar, pertolongan pertama pada serangan jantung yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menanyakan apa ada obat yang dibawa atau tidak. Biasanya penderita penyakit jantung memiliki obat ataupun resep dokter yang bisa meredakan sakitnya. Jika tidak, Anda bisa menghubungi pihak medis kembali dan juga hubungi keluarga terdekat penderita serangan jantung tersebut.

Selalu Periksa Kesadaran Penderita

Pastikan kesadaran korban tetap terjaga dengan cara selalu mengajaknya berbicara. Sebab jika korban kehilangan kesadaran hal ini dapat membuat pernapasannya terganggu dan dapat menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Lakukan CPR

Jika ambulans atau tim medis belum juga datang dan korban kehilangan kesadaran, pertolongan pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan CPR. CPR yang Anda lakukan dapat memberikan nafas bantuan dan. Caranya tekan pada bagian dada dan ulangi hal ini sampai beberapa kali. Setelah tim medis datang, pastikan Anda mengatakan kondisi yang dialami penderita secara lengkap dan detail.

Akibat Serangan Jantung

Jika seseorang mengalami serangan jantung mendadak hal ini dapat menyebabkan jantung kehilangan fungsinya. Meskipun jantung sudah mendapatkan perawatan, namun kondisi jantung yang sehat dan prima seperti dulu akan sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, seseorang yang menderita penyakit jantung harus mengonsumsi obat sesuai resep dan petunjuk dokter.

Pastikan para penderita untuk membawa obat tersebut kemanapun ketika ia pergi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Mengingat betapa berbahayanya penyakit jantung, mulailah untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengelola gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan rendah lemak serta menghindari makanan kaya lemak jenuh.

Baca juga tanda-tanda pembuluh darah tersumbat

Demikianlah ulasan mengenai pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak yang tepat.

loading...
Tags:obat pertolongan pertama serangan jantung tiba tiba yg harus dibawa