Resiko dan Bahaya Hipertensi Pada Kehamilan

By Categories : Kesehatan

Hipertensi merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang harus diwaspadai. Karena tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa saja salah satunya yaitu pada ibu hamil. Ada beberapa penyebab hipertensi dalam kehamilan seperti pola makan yang tidak sehat, stres, sering merokok dan juga sering mengonsumsi alkohol. Seseorang yang terkena tekanan darah tinggi, tekanan darah seseorang tersebut adalah di atas tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg.

Pada umumnya ada beberapa jenis hipertensi yang sering terjadi pada ibu hamil seperti hipertensi kronis, hipertensi gestasional, hipertensi kronis dengan preeklamsia dan juga preeklamsia (Pree). Preeklamsia sendiri ada dua jenis yaitu preeklamsia ringan dan berat.

Bahaya Hipertensi Pada Kehamilan

Preeklamsia berat sendiri dapat menyerang ibu hamil jika ibu hamil tersebut memiliki tekanan darah sistolik melebihi 160 atau 110 tekanan darah diastolik. Ada beberapa gejala preeklamsia berat yang sering dialami yaitu:

Gejala preeklamsia berat pada ibu hamil

  • Kesulitan bernapas
  • Disfugsi hati
  • Sakit kepala yang terus menerus
  • Trombosit rendah
  • Penurunan output urin
  • Sakit perut di bagian atas
  • Perubahan visual persisten

Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebelum memutuskan untuk hamil sebaiknya Anda selalu mengontrol tekanan darah, mengurangi asupan garam dan selalu berolahraga secara teratur. Tak hanya itu saja, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk menanyakan makanan dan minuman apa saja yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah hipertensi pada kehamilan. Nah berikut adalah resiko dan bahaya hipertensi pada kehamilan bagi kesehatan.

Bahaya Hipertensi Pada Kehamilan

Mengurangi Suplai Darah ke Plasenta

Bahaya yang pertama adalah dapat mengurangi suplai darah yang menuju ke plasenta. Berkurangnya darah yang menuju ke plasenta dapat membuat kurangnya nutrisi dan oksigen yang akan diserap oleh bayi yang Anda kandung. Jika hal ini tidak segera ditangani dapat menyebabkan pertumbuhan janin Anda terganggu dan dapat memicu resiko bayi lahir tidak normal ataupun prematur.

Memicu Penyakit Kronis

Ketika tekanan darah tinggi menyerang Anda. Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi hati, ginjal dan juga otak ibu hamil. Kondisi ini biasa disebut dengan eklampsia, yang merupakan salah satu masalah serius yang dapat menyebabkan komplikasi pada janin, lahir prematur dan juga kematian ketika lahir.

Resiko Placental Abortion

Bahaya tekanan darah tinggi pada ibu hamil selanjutnya adalah dapat menyebabkan resiko seseorang terkena placental abortion. Placental abortion merupakan suatu kondisi di mana plasenta terpisah dari rahim sebelum waktu yang seharusnya. Sehingga hal ini dapat menyebabkan suplai oksigen yang menuju ke janin terputus. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menyebabkan pendarahan yang sangat hebat pada ibu hamil.

Demikianlah ulasan tentang resiko dan bahaya hipertensi pada kehamilan. Baca juga artikel tentang Manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

loading...
Tags:gambar Hipertensi pada ibu hamil, resiko spirait, salah satupenyakit yang dapat memicu hipertensi adalah, tekanan darah 160 bahayanya untuk ibu hamil