Sakit Perut Saat Haid? Lakukan Gerakan Yoga Ini Untuk Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Sakit perut saat haid atau datang bulan merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh hampir setiap wanita. Tak hanya menyiksa, nyeri pada perut juga dapat memberikan rasa tidak nyaman. Nah bagi Anda yang sering mengalami masalah ini, tak perlu khawatir karena kali ini akan membahas mengenai cara yang tepat mengatasi nyeri perut saat haid dengan beberapa pose yoga.

Sudah menjadi rahasia umum jika yoga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari untuk menambah tinggi badan, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh hingga mengatasi nyeri perut saat haid. Seperti yang kita ketahui salah satu masalah wanita dalam setiap bulannya adalah nyeri dan sakit pada perut, terutama jika sedang datang bulan. Sebenarnya nyeri perut saat datang bulan merupakan hal wajar yang tidak perlu dikhawatirkan.

Sebab sakit dan nyeri pada perut adalah tanda jika seorang wanita akan mengalami datang bulan. Tak hanya nyeri perut saja, tanda lainnya yang sering terjadi adalah mudah lelah, kembung. Pusing dan depresi. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, seperti mengompres perut dengan air hangat, minum jamu, berolahraga ringan, memijat perut, berbaring serta mengonsumsi makanan sehat.

Gerakan yoga janu sirsasana

Gerakan yoga janu sirsasana

Namun ternyata tak hanya cara itu saja, Anda juga bisa melakukan beberapa pose yoga untuk meringankan gejala sakit perut. Daripada penasaran, langsung saja berikut adalah beberapa gerakan yoga yang berguna untuk mengatasi sakit perut saat datang bulan.

Macam-macam Gerakan Yoga untuk Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Pose Janu Sirsasana

Gerakan yoga yang pertama adalah pose janu sirsasana. Beberapa manfaat gerakan yoga yang satu ini adalah dapat meregangkan bahu, tulang belakang, pangkal paha dan paha belakang, mengurangi kelelahan, sakit kepala hingga ketidaknyaman saat datang bulan. Tak hanya itu saja, posisi janu sirsasana juga dapat menenangkan otak serta dapat meringankan depresi ringan yang Anda alami saat datang bulan.

Baca juga Inilah gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang tepat

Cara melakukan pose janu sirsana sangatlah mudah, pertama duduklah dengan kaki selonjor dan lurus di atas matras. Kemudian tekuk kaki kanan dengan sudut 90 derajat hingga telapak kaki menekan pahan kiri bagian dalam. Bungkukkan badan hingga wajah menedekati lutut dan tangan memegang telapak kaki kiri. Tahan posisi ini selama 1 hingga 3 menit dan lakukan secara bergantian.

Pose Kobra

Yang kedua adalah dengan menerapkan pose kobra. Sebenarnya manfaat dari pose ini hampir sama seperti dengan pose janu sirsasana, yaitu dapat memperkuat otot pinggul, melancarkan aliran darah, meredam rasa sakit pada perut serta dapat menenangkan pikiran sehingga tubuh dan jiwa lebih bersahabat.

Cara melakukannya pun sangat mudah, yaitu dengan tengkurap di atas matras dengan kepala menengadah ke atas. Pose ini merupakan salah satu pose yoga paling mudah untuk diterapkan, terutama untuk pemula. Lakukan gerakan-gerakan tersebut secara rutin 5 hingga 10 menit setelah bangun tidur. Tak hanya dapat mengatasi nyeri perut saat datang bulan saja, pose kobra juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Pose Pasasana

Gerakan yoga untuk mengatasi sakit perut saat haid selanjutnya adalah dengan melakukan pose pasasana. Pose ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri perut dan beberapa ketidaknyaman lainnya saat datang bulan. Bagi Anda yang sering memiliki gangguan pada pencernaan, pose ini juga dianjurkan untuk dilakukan secara rutin.

Gerakan yoga pasasana

Gerakan yoga pasasana

Cara melakukannya pun sangat mudah. Ambil posisi jongkok pada matras ataupun di lantai kemudian miringkan badan dengan tangan menggenggam tangan yang satunya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar di atas. Meskipun terlihat cukup sulit, namun gerakan ini cukup mudah dilakukan.

Supta Padangusthasana

Berikutnya adalah supta padangusthasana. Melakukan latihan ini secara rutin dapat menguatkan lutut, meredakan nyeri punggung, linu panggul dan nyeri perut saat datang bulan. Jika ingin melakukan gerakan ini Anda membutuhka tali sebagi medianya.

Caranya sangat mudah, pertama pastikan Anda dalam posisi telentang atau berbaring di atas matras. Kemudian angkat kaki kiri hingga membentuk sudut 90 derajat. Kaitkan seutas tali atau pita pada kaki yang ada angkat dan tarik tali ke bawah. Tahan posisi ini selama beberapa menit kemudian lakukan secara bergantian dengan kaki kanan.

Pose Ustrasana

Gerakan ustrasana dapat membantu Anda untuk mergangkan pergelangkan kaki, pangkal paha dan paha. Melakukan gerakan yoga ini dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan serta dapat mengatasi badan yang capek karena aktivitas yang padat.

Caranya mulai pada posisi berlutut kemudian tempatkan telapak tangan di atas bokong, kemudian condongkan perut ke depan untuk menjaga paha agar bisa berputar ke dalam, lepaskan tangan kemudian letakkan tangan ke tumit dan lengkungkan tulang belakang ke depan.

Baca juga tips meninggikan badan dengan beberapa pose yoga ini

Demikianlah ulasan mengenai gerakan yoga untuk mengatasi sakit perut saat haid yang tepat.

loading...
Tags:gerakan yoga saat haid, yoga saat sakit perut haid, gerakan yoga mengecilkan perut yang aman saat halangan, meredakan nyeri perut karena terlambat haid