Selain Susu, Inilah Makanan Mengandung Kalsium

By Categories : Kesehatan

Agar selalu sehat dan kuat tubuh sangat membutuhkan berbagai macam vitamin dan nutrisi. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah kalsium. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang memiliki fungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang serta dapat membuat saraf berfungsi dengan baik. Dalam sehari tubuh harus memenuhi  yaitu 1.000 miligram kalsium. Pada umumnya asupan tersebut dapat didapatkan dari 3 gelas susu.

Akan tetapi seperti yang Anda ketahui susu juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih karena kaya lemak yang dapat memicu penyakit jantung, obesitas, diabetes serta kanker. Lantas makanan apa saja yang kaya akan kalsium selain susu? Berikut adalah makanan mengandung kalsium yang dapat Anda konsumsi untuk menggantikan susu.

Makanan Mengandung Kalsium

Makanan mengandung kalsium yang dapat Anda konsumsi

Ikan salmon

Yang pertama adalah ikan salmon. Selama ini semua orang hanya mengetahui bahwa ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3. Namun tak hanya itu saja, dalam 154 gram ikan salmon mengandung 20 miligram kalsium atau setara dengan 2% dari kebutuhan harian Anda. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan manfaat seperti dapat mencegah penyakit, menjaga kesehatan kulit serta dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Sawi hijau

Makanan yang kedua adalah sawi hijau. Pada umumnya ada dua jenis sawi yang ada di Indonesia yaitu sawi hijau dan sawi putih. Akan tetapi sawi hijau memiliki kalsium yang lebih tinggi dibandingkan sawi putih. Dalam satu cangkir sawi hijau  mengandung 268 miligram kalsium.

Buah jeruk

Selanjutnya adalah buah jeruk. Selain kaya akan vitamin C jeruk juga kaya akan kalsium. Jeruk yang memiliki berat 6 ons, mengandung kalsium sebesar 200 miligram. Jumlah tersebut tentu saja cukup banyak, mengingat buah bukan sumber utama dari kalsium.

Brokoli

Berikutnya adalah brokoli. Selain kaya akan vitamin, brokoli juga merupakan salah satu sayur memiliki kandungan kalsium sangat tinggi. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli secara teratur juga dapat mengurangi resiko seseorang terserang penyakit kanker, khususnya kanker kandung kemih dan usus besar.

Seafood

Hampir setiap orang menyukai makanan laut. Selain enak seafood juga kaya akan kalsium yang baik untuk menjaga kepadatan tulan Anda. Tak hanya itu saja, makanan laut seperti kerang, udang dan kepiting juga kaya akan vitamin D yang dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan kalsium.

Sayur bayam

Makanan mengandung kalsium berikutnya adalah bayam. Tahukah Anda dalam 100 gram bayam yang masih segar setidaknya dapat mencukupi 10% kalsium untuk kebutuhan harian. Selain kaya akan kalsium bayam juga mengandung zat besi yang berguna untuk mengatasi anemia.

Keju

Selain susu, keju juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tak hanya itu saja, keju juga kaya akan protein. Nah bagi Anda yang alergi terhadap protein susu tak ada salahnya untuk mengonsumsi keju. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mencampurkan keju tersebut ke dalam menu makanan sehat sehari-hari yang Anda konsumsi untuk mengoptimalkan kebutuhan kalsium dan protein harian.

Lobak

Berikutnya adalah lobak. Lobak seringkali digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan makanan seperti sup. Namun selain itu, mengonsumsi lobak dalam setiap harinya juga dapat membantu Anda untuk memenuhi asupan vitamin serta nutrisi salah satunya yaitu kalsium. Dalam satu batang lobak memiliki kandungan hingga 200 mg kalsium dan tentu saja sayuran yang satu ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Kacang kedelai

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Kacang kedelai merupakan makanan berprotein tinggi serta kaya akan kalsium. Dalam 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar 261 mg.

Kacang almond

Tak hanya kacang kedelai saja, kacang almond juga kaya akan kalsium. Kacang almond sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran unuk pembuatan seperti cokelat, cookies dan kue. Dalam 1/4 cangkir kacang almond mengandung 72 mg kalsium. Selain kaya akan kalsium, kacang almond juga mengandung vitamin E dan zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Oatmeal

Bagi Anda yang gemar menerapkan pola makan sehat, tentu saja sudah mengetahui apa itu oatmeal. Ya, oatmeal merupakan jenis seral sehat yang sering dikonsumsi setiap orang. Kandungan serat tinggi pada makanan ini dapat mencegah seseorang terkena serangan jantung dan penyakti berbahaya lainnya. Namun tak hanya itu saja, dalam setiap mangkuk oatmeal mengandung kalsium sebanyak 105 mg.

Yoghurt

Produk olahan susu ini pun sangat populer. Selain rasanya yang enak, yoghurt juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya dapat menjaga kesehatan pencernaan, kandungan kalsium dalam yoghurt juga dapat menjaga tulang agar tetap sehat. Kandungan mineral dan gizi yang banyak pada produk susu ini juga membuat yoghurt sangat disukai banyak orang.

Demikianlah ulasan mengenai makanan mengandung kalsium selain susu.

Baca juga daftar makanan sehat dan bergizi yang dapat Anda konsumsi

loading...
Tags:makanan yang mengandung kalsium