Solusi Anak Susah Makan Sayur Paling Efektif yang Dapat Dicoba

By Categories : Kesehatan

Solusi anak susah makan sebenarnya gampang-gampang susah. Tapi memang dibutuhkan tenaga dan perhatian ekstra untuk membuat anak suka makan sayur. Bagi anak Anda yang susah makan sayur, tak perlu khawatir karena ada beberapa solusi dan tips yang dapat membuat si kecil gemar makan sayuran. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Seperti yang kita ketahui setiap orang tua pastinya ingin memiliiki anak yang sehat dan juga pintar. Selain mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging, susu, ikan dan menu makanan lainnya, sayur dan buah juga memang tidak boleh dilupakan. Jika dibandingkan dengan buah anak-anak memang seringkali tidak menyukai sayuran. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat membuat asupan vitamin dan nutrisi yang diserap oleh tubuh anak semakin berkurang.solusi anak susah makan sayur

Namun Anda tak perlu khawatir, sebenarnya ada cara lain untuk memancing anak suka makan sayur. dr Dian Kusumadewi, M. Gizi dari Divisi Kedokteran Keluarga Universitas Indonesia mengatakan bahwa kandungan serat yang ada di dalam sayuran harus dikonsumsi. Selain sayuran, anak juga harus memenuhi asupan buah agar gizi lebih seimbang.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam kedua asupan tersebut juga dapat didapat dan diolah oleh tubuh dengan baik. Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan sayur? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Solusi Anak Susah Makan Sayur yang Dapat Anda Coba

Variasikan Jenis Makanan

Solusi yang pertama adalah dengan cara memvariasikan jenis makanan. Mungkin cara yang satu ini sudah sering dilakukan para ibu, tapi entah mengapa cara ini juga sering berujung kegagalan. Namun jangan sampai kehabisan ide, karena rupa, rasa dan warna sangat mempengaruhi keinginan anak untuk makan, terutama sayuran. Jika ingin anak lahap makan sayur, para orang tua bisa menyiasatinya dengan membuat variasi makanan yang memancing keinginan anak untuk mengonsumsinya.

Baca juga makanan yang baik untuk otak anak

Contohnya, jika anak tidak suka bayam tak ada salahnya untuk memvariasikan menjadi martabak ataupun perkedel bayam. Contoh lainnya yaitu jika si kecil tidak suka dengan wortel Anda bisa mengolahnya sebagai jus buah yang menyegarkan. Dalam hal mengolah makanan kreativitas orang tua memang diuji, namun tak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Menyajikan Makanan dalam Bentuk Menarik

Yang kedua adalah dengan menyajikan makanan dalam bentuk menarik. Makanan yang menarik, tentu saja dapat mencuri perhatian si kecil untuk makan. Anda bisa membentuk makanan yang akan dikonsumsi sesuai dengan bentuk ataupun karakter kartun yang disukai oleh anak. Contohnya Anda bisa mencetak nasi menjadi hello kitty dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa membentuk telur rebus menjadi karakter Olaf dalam film Frozen. Bagaimana? Sangat menarik kan? Hal ini tentu saja dapat membuat si kecil lahap memakan makananya.

Mengurangi Asupan Air Saat Makan

Tak hanya makan sayur saja, bahkan makan sehari-hari banyak anak yang malas-malasan. Namun Anda tak perlu khawatir karena mengurangi asupan air saat makan merupakan cara efektif yang dapat Anda coba agar anak mau makan banyak. Seperti yang kita ketahui banyaknya meminum air saat makan justru dapat membuat lambung si kecil penuh oleh air yang pada akhirnya akan membuat anak tidak nafsu makan.

Buat Waktu Makan Sangat Menyenangkan

Solusi anak susah makan sayur selanjutnya adalah dengan cara membuat waktu makan si kecil menjadi sangat menyenangkan. Jika si kecil tidak mau makan sayur, hindari membentak, mengancam dan melakukan beberapa hal yang tidak menyenangkan seperti mencubit, memarahi hingga memukul. Karena hal ini dapat membuat anak berfikir bahwa waktu makan adalah hal paling mengerikan yang akan ia hindari.solusi anak susah makan sayur yang tepat

Tak ada salahnya untuk menjajikan menu makanan lain kesukaannya jika ia mau makan makanan tersebut. Cara ini merupakan cara paling efektif yang dapat Anda coba jika sudah tidak tahu lagi cara mengatasi anak yang susah makan.

Buatlah Jadwal Makan yang Teratur

Berikutnya adalah dengan cara membuat jadwal makan yang teratur. Tak hanya dapat membuat pencernaan anak menjadi lebih baik, membuat jadwal makan yang teratur juga dapat membuat anak mengetahui waktu makan.

Saat jam makan, pastinya perut anak anak merasa lapar sehingga hal ini dapat meningkatkan nafsu makannya. Agar nafsu makan si kecil dapat meningkat, Anda bisa mencoba mengolah dan memvariasikan makanan dalam berbagai macam bentuk dan karakter.

Mengurangi Jajan di Luar

Jajan di luar memang menyenangkan, namun kebersihan dan rasanya pun pastinya lebih bersih dan lebih nikmat jika makan di rumah. Oleh karena itu sebisa mungkin kurangi anak untuk jajan di luar. Selain kedua hal tersebut, sering jajan di luar juga dapat menurunkan nafsu makan di rumah.

Baca juga tips mengatasi kurang nafsu makan pada anak

Demikianlah ulasan mengenai solusi anak susah makan sayur yang tepat dan efektif yang dapat dicoba.

loading...
Tags:anak tak makan sayur