Sumber dan Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vitamin D atau yang dikenal dengan nama kalsiferol merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Secara umum pastinya kita sudah mengetahui manfaat dari vitamin D yaitu untuk membentuk tulang dan gigi agar lebih kuat dan sehat. Namun tak hanya itu saja manfaat vitamin D. Sebelum mengetahui lebih lanjut apa saja manfaatnya, berikut adalah beberapa sumber terbaik vitamin D yang dapat Anda konsumsi.

manfaat vitamin D

Sumber terbaik vitamin D

Ada banyak sekali sumber vitamin D yang dapat dikonsumsi, diantaranya yaitu minyak ikan, ikan tuna, ikan salmon dan ikan makerel, biji bunga matahari, brokoli, tomat, berbagai macam olahan susu, hati sapi, keju, kuning telur, jamur dan sinar matahari.

Meskipun sinar matahari mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan tulang, jangan sampai Anda berjemur di atas jam 8 pagi. Hal ini dikarenakan sinar UV yang ada pada matahari sangatlah panas, berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit kulit, salah satunya yaitu penyakit kanker kulit.

Nah itulah beberapa sumber terbaik vitamin D. Lantas apa saja manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

Manfaat  dari Vitamin D

Mencegah osteoporosis pada lansia

Fungsi vitamin D yang pertama adalah untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang pada lansia atau manula. Seperti yang Anda ketahui, seiring dengan menuanya manusia, ini akan menyebabkan menurunnya fungsi organ tubuh salah satunya yaitu menurunnya kandungan mineral dan vitamin dalam tubuh. Oleh karena itu, para manula diwajibkan untuk mengonsumsi asupan vitamin D yang cukup agar mereka dapat beraktivitas pada umumnya.

Mencegah rakhitis pada anak

Pertumbuhan dan perkembangan terbaik tulang pastinya akan berjalan dengan baik saat masih anak-anak. Asupan vitamin D yang kurang dapat menyebabkan anak-anak tersebut mengalami masalah yang serius pada tulang salah satunya yaitu rakhitis. Rakhitis yaitu kondisi dimana tulang tidak dapat kokoh dan keras, sehingga ini menyebabkan tulang lebih mudah patah dan rapuh. Untuk mencegah hal ini, pastikan Anda memberikan nutrisi terbaik pada anak-anak.

Menjaga kekebalan tubuh

Selain manfaat vitamin C, vitamin D juga memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin D mengandunga molekul aktif yang bernama kalsitriol. Kalsitriol sendiri berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebaln tubuh, membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot, melancarkan metabolisme. Oleh karena itu, asupan vitamin D yang tercukupi dapat menghindarkan seseorang terkena penyakit seperti demam, flu, pilek, batuk, sakit kelapa serta masuk angin.

Meremajakan kulit

Manfaat berikutnya adalah vitamin D dapat digunakan untuk meremajakan kulit. Mengonsumai vitamin D sesuai takarannya  dapat membatu dalam peremajaan sel-sel kulit tubuh Anda. Sehingga seseorang yang kebutuhan asupan vitamin D nya tercukupi akan lebih terlihat lebih segar dan sehat. Selain mengonsumsi makanan kaya vitamin D, Anda bisa memanfaat produk kecantikan yang mengandung vitamin D dan bahan alami lainnya. Dengan begitu, pastinya hal ini dapat membuat kulit Anda lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit kulit seperti psoriasis.

Mengobati penyakit osteomalacia

Khasiat vitamin D selanjutnya adalah osteomalacia. Osteomalacia merupakan penyakit yang dapat ditemui pada jaringan manusia. Penyebab utama dari penyakit ini adalah tidak berfungsinya proses pembentukan lapisan mineral pada tulang manusia. Tulang baru yang terbentuk  tidak didukung oleh lapisan yang ada. Akibatnya tulanag tersebut akan menjadi lunak dan mudah retak serta patah. Kondisi tubuh yang seperti ini tentunya sangat rawan terhadap kecelakaan, terutama bagi Anda yang bekerja diluar ruangan. Cara paling efektif untuk mencegah penyakit pada tulang yang satu ini adalah dengan cara mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang kaya vitamin D. Selain itu, berjemur saat pagi hari juga dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit ini.

Mencegah kanker prostat dan kanker kolon

Vitamin D juga sangat ampuh untuk mencegah kanker prostat dan kanker kolon. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin D dengan takaran yang pas dapat menghambat pembelahan sel kanker. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi vitamin D dalam setiap harinya. Tak hanya vitamin D, Anda juga harus memenuhi segala macam kebutuhan vitamin dan nutrisi lainnya agar metabolisme tubuh meningkat dan kesehatan tetap terjaga.

Nah itulah beberapa sumber dan manfaat vitamin D untuk kesehatan.

loading...