Tanda-Tanda Pembuluh Darah Tersumbat

By Categories : Kesehatan

Atherosclerosis atau sering disebut penyumbatan pembuluh darah karena plak lemak. Penyakit ini dapat menyebabkan kekurangan pasokan aliran darah pada otot jantung dan organ-organ vital lainnya. Sehingga, ini akan menimbulkan rasa nyeri pada dada yang berakhir pada kematian mendadak akibat serangan jantung. Penyumbatan darah sendiri dapat memicu sebuah kondisi yang membahayakan nyawa, salah satunya yaitu serangan jantung dan juga stroke.

Pengobatan-Alternatif-Penyempitan-Pembuluh-Darah

Penyebab penyumbatan darah adalah plak. Plak merupakan deposit lemak yang menempel pada dinding dalam (endotel) yang mengganggu laju aliran darah dalam pembuluh darah. Jika hal ini dibiarkan, dinding pembuluh darah akan menyempit dan terjadi penyumbatan. Dinding pembuluh darah yang dipenuhi oleh plak tentunya akan rapuh dan pecah. Bila lapisan endotel pecah maka akan terjadi penggumpalan  dan penyumbatan pada area tersebut.

Penyumbatan pembuluh darah sendiri disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kolesterol tinggi, sering merokok, terkena diabetes serta tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tanpa kita sadari ternyata ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan pembuluh darah tersumbat. Mendeteksi dini sangat penting sekali dilakukan untuk mencegah penyakit mematikan yang satu ini. Hal ini dikarenakan, di Amerika Serikat lebih dari 700.000 orang terkena serangan jantung dan 400.000 orang diantaranya meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Selain itu, mengetahui secara dini apa saja tanda-tanda pembuluh darah tersumbat juga dapat membuat kita lebih mawas diri dan mengubah pola hidup lebih sehat agar terhindar dari segala macam penyakit.

Menurut Joel K Kahn, Dokter jantung asal Amerika, ada beberapa tanda yang menunjukkan jika Anda mengalami penyumbatan pembuluh darah. Berikut adalah tanda-tanda pembuluh darah tersumbat.

Inilah tanda  pembuluh darah tersumbat yang harus diwaspadai

Gangguan pada otak

Seseorang yang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Seseorang tersebut  mungkin akan mengalami gangguan pada otak seperti sering mengalami pusing pada kepala bagian belakang. Ini dikarenakan aliran suplai darah yang menuju ke otak tidak memadai. Tak hanya itu saja, seseorang yang mengalami hal ini juga dapat kehilangan keseimbangan, pendengaran terganggu,  tidak mampu melakukan buang air besar, terjadi perubahan sifat, susah konsentrasi hingga pendarahan dan pengerasan dinding-dinding pembuluh darah. Hal ini dikarenakan otak  berfungsi sebagai pengontrol seluruh anggota tubuh terganggu oleh penyumbatan tersebut.

Gangguan pada ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh paling vital. Hal ini karena ginjal berfungsi untuk menyaring darah serta dapat mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Penyumbatan pembuluh darah yang terjadi dapat menyebabkan oksigen dan nutrisi penting tidak dapat menuju ke organ vital yang satu ini. Sehingga, ginjal tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Hal inilah yang nantinya memicu penyakit gagal ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh anggota tubuh Anda. Seperti kelumpuhan total hingga kematian. Untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Karena tumpukan lemak yang berlebih dapat membuat hal ini semakin berbahaya.

Nyeri pada kaki

Biasanya nyeri disebabkan karena kekurangan vitamin D, akan tetapi nyeri pada kaki juga dapat mengindikasikan seseorang mengalami penyumbatan pembuluh darah. Nyeri pada kaki disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh arteri di kaki atau biasa disebut klaudikasio. Hal ini biasanya terjadi pada perokok aktif yang  belum didiagnosa memiliki penyakit jantung. Mulailah untuk melakukan pemerikasaan dini terhadap penyakit jantung.  Pemeriksaan tersebut berguna untuk mencegah serangan jantung mendadak serta memastikan sirkulasi darah normal. Selain melakukan pemeriksaan Anda juga harus teratur melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Dan tetap menjaga pola makan seperti mengonsumsi sayuran, buah dan makanan dari produk hewani.

Kebotakan

Sebuah studi dan penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 37.000 pria, menyebutkan bahwa kebotakan yang mereka alami diduga berkaitan erat dengan gejala penyakit jantung kororer akibat penyumbatan pembuuh darah. Selain itu, studi lainnya pun mengungkapkan bahwa lebih dari 7.000 orang yang 4.000 orang diantaranya wanita juga mengalami hal yang sama yaitu mengalami kebotakan ringan. Seseorang yang sudah berada di tahap ini kemungkinan besar juga akan mengalami kematian akibat serangan jantung mendadak bagi pria maupun wanita.

Disfungsi ereksi

Tanda-tanda penyumbatan pembuluh darah selanjutnya adalah terjadinya disfungsi ereksi. Sebenarnya para pria sudah memiliki gejala yang timbul sejak dini, yaitu disfungsi ereksi. Jika seorang pria tidak mampu melakukan ereksi bisa jadi hal ini dikarenakan pembuluh darah tersumbat. Jika sudah begini, tentu saja Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki pola dan gaya hidup Anda mulai dari mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan menghindari makanan cepat saji. Namun jika tidak segara diatasi, hal ini dapat menyebabkan masalah yang sangat serius yaitu dapat menyebabkan serangan jantung mendadak yang pada akhirnya akan mengakibatkan kematian.

Lipatan pada telinga

Meskipun terlihat aneh, akan tetapi adanya lipatan pada telinga juga menjadi tanda bahwa pembuluh darah tengah mengalami penyumbatan serta dapat mengindikasikan bahwa seseorang tersebut tengah menderita penyakit jantung koroner. Munculnya lipatan tersebut karena sirkulasi dalam tubuh yang buruk, salah satunya yaitu pada pembuluh arteri yang menuju ke jantung. Meskipun beberapa ahli menyatakan bahwa lipatan tersebut terjadi karena penuaan, akan tetapi saat diteliti menggunakan CT scan, hal tersebut memang menandakan adanya penyakit jantung.

Itulah beberapa tanda-tanda pembuluh darah tersumbat. Baca juga artikel terkait lainnya gejala fisik penanda tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

loading...
Tags:penyumbatan pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, ciri ciri pembuluh darah pecah, gejala penyempitan pembuluh darah, pembuluh darah tersumbat, gejala penyumbatan pembuluh darah, ciri ciri penyempitan pembuluh darah, Penyempitan pembuluh darah di otak, penyumbatan darah, tanda jantung tersumbat, ciri ciri penyumbatan pembuluh darah, penyumbatan pembuluh darah di otak, penyumbatan, pembuluh darah pecah, peredaran darah tersumbat