Tanda-tanda Serangan Jantung Koroner

By Categories : Kesehatan

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia. Maka dari itu jantung bisa dikatakan sebagai alat penggerak bagi organ tubuh manusia, karena tanpa adanya jantung mungkin orang tidak akan bisa hidup dengan sempurna. Nah, kali ini kita akan mengulas secara singkat tentang tanda-tanda serangan jantung ringan yang perlu Anda ketahui.

Serangan jantung koroner merupakan salah satu ancaman yang bisa dialami semua orang tanpa menganal usia. Karena setiap orang memiliki potensi mengalami serangan jantung entah itu bagi orang tua ataupun orang dengan usia muda sekalipun. Sebenarnya serangan jantung itu tidak datang secara tiba-tiba, karena sebelum terjadinya serangan jantung pasti telah muncul beberapa tanda-tanda yang akan dirasakan oleh tubuh sebelumnya. Namun terkadang tanda-tanda tersebut tidak disadari oleh kebanyakan orang. Ada beberapa tanda-tanda sebelum terjadinya serangan jantung seperti yang sudah lansir oleh Dr. M. Arifin Pohan, beliau mengatakan bahwa terdapat beberapa tanda-tanda serangan jantung yang perlu diketahui dan diwaspadai. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Tanda-tanda Serangan Jantung1

Tanda-tanda Serangan Jantung Koroner yang Perlu Anda Ketahui

  • Muncul rasa tertekan seperti terasa ditimpa, sakit, terjepit dan terbakar yang menyebabkan sesak nafas dan seperti tercekik di bagian leher.
  • Terasa sakit pada lengan kiri, leher dan punggu.
  • Rasa sakit yang muncul bisa bertahan sampai dengan 15-20 menit dan terjadi secara terus menerus.
  • Munculnya keringat dingin, tubuh terasa lelah, jantung selalu berdebar hingga sampai bisa pingsan.
  • Untuk rasa sakit yang dialami hanya bisa hilang ketika beristirahat dan bertambah sangat sakit ketika melakukan aktivitas kembali. Oleh karena itulah bagi orang yang sudah memiliki riwayat sakit jantung tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang berlebihan kerena dapat membahayakan kondisi kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda serangan jantung. Dengan begitu bisa simpulkan bahwa serangan jantung bisa terjadi karena diakibatkan oleh suatu kegiatan yang berlebihan seperti contohnya melakukan olahraga yang berlebihan, marah yang berlebihan atau kegiatan berlebihan lainnya. Hal itu dikarenakan ketika jantung memompa darah keseluruh tubuh namun terjadi aktivitas yang berlebihan yang bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung yang bisa menyebakan gagal jantung hingga kematian. Selain itu, menurut penelitian dari MayoClinic mengatakan bahwa serangan jantung disebabkan karena terjadinya penyempitan pembuluh darah ketika menyuplai darah, oksigen dan sari makanan yang dibutuhkan oleh jantung. Itulah beberapa tanda-tanda serangan jantung yang perlu Anda ketahui. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus mulai mengatur pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan dan rajin berolahraga. Ada beberapa olahraga untuk kesehatan jantung yang bisa Anda coba di rumah secara rutin misalnya aerobik, bersepeda, dan renang.

Baca juga artikel terkait mengenai Cara mengatasi penyakit jantung.

Tags:tandatandaseranganjantung