Tata Cara Diet OCD untuk Pria dan Wanita

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui melakukan tata cara diet OCD bukanlah hal yang mudah, ini karena diet yang diterapkan oleh Deddy Corbuzier ini memang dikenal sebagai diet yang cukup berat jika dibandingkan dengan diet lainnya. Perbedaannya terletak pada jenis makanan yang dikonsumsi saat diet. Jika biasanya seseorang yang diet dilarang mengonsumsi berbagai macam makanan, akan tetapi saat diet OCD Anda dibebaskan untuk memilih jenis makanan yang ingin dikonsumsi. Dengan catatan makanan tersebut tidak mengandung kolesterol tinggi.

Tata Cara Diet OCD

Selain pemilihan makanan, diet ini juga membutuhkan konsistensi dan keseriusan bagi yang ingin melakukannya. Keunikan dari diet OCD terletak pada jendela makan, jendala makan merupakan waktu yang disediakan untuk makan, sedangkan di luar jendela makan tidak boleh mengonsumsi apapun kecuali minum. Lalu bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah tata cara diet OCD untuk pria dan wanita yang dapat Anda coba.

Inilah cara diet OCD yang tepat

Puasa 16 jam dan waktu bebas makan 8 jam

Pertama Anda dapat menggunakan metode ini. Dalam waktu 8 jam tersebut Anda dapat mengonsumsi makanan apapun, tetapi Anda harus memilih makanan yang tidak mengandung kolesterol. Setelah lewat 8 jam tersebut Anda harus berpuasa. Namun jangan khawatir, selama 16 jam puasa, Anda masih bisa minum air mineral. Bagi pemula sangat cocok menggunakan metode ini selama 1 sampai 2 minggu untuk menyesuaikan tubuh dengan diet yang Anda jalani.

Puasa 18 jam dan waktu bebas makan 6 jam

Jika tubuh sudah bisa menyesuaikan pada metode yang pertama, Anda dapat melanjutkan dengan metode yang kedua yaitu berpuasa selama 18 jam waktu bebas makan selama 6 jam. Untuk aturan makannya pun sama seperti di atas yaitu tidak boleh mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan ketika berpuasa Anda tidak boleh minum minuman berkalori kecuali air putih. Contohnya, ketika Anda memulai diet OCD ketika jam 1 siang maka Anda bebas mengonsumsi makanan hingga jam 7 malam dan sisa waktunya, diharuskan untuk berpuasa.

Puasa 20 jam dan waktu bebas makan 4 jam

Di metode ketiga ini, waktu bebas makan semakin terbatas, yaitu hanya 4 jam. Jangka waktu yang singkat oleh karena itu Anda harus mencukupi vitamin dan nutrisi agar tubuh tetap kuat. Namun jika berpuasa 20 jam terasa berat, Anda dapat mengkombinasikan cara diet OCD yang 1 dan ke 2.

Puasa selama 24 jam

Jika dibandingkan dengan lainnya, metode ini adalah yang paling ekstrim. Namun tak perlu khawatir, meskipun diharuskan puasa 24 jam Anda masih tetap bisa mengonsumsi makanan. Akan tetapi waktu makan yang digunakan hanya sekali dalam sehari. Contohnya, jika Anda memulai diet pada hari Minggu jam 1 siang, jendela makan selanjutnya adalah pada hari senin jam 1 siang. Agar tidak terlalu berat, metode ini dapat Anda terapkan 1-2 kali saja dalam setiap minggunya.

Nah itulah beberapa cara diet OCD untuk pria dan wanita. Baca juga artikel mengenai Menu diet mayo untuk turunkan berat badan.