Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Ketika Puasa

By Categories : Kesehatan

Ketika berpuasa tentunya perut akan dalam keadaan kosong selama kurang lebih 14 jam. Perut jika dalam keadaan kosong biasanya akan mengeluarkan reaksi seperti berbunyi atau sering disebut keroncongan. Ketika perut keroncongan menandakan bahwa perut dalam keadaan lapar dan dengan begitu membutuhkan asupan makanan. Perut keroncongan memang sangat menggangu apalagi ketika sedang berbincang dengan teman tiba-tiba perut kita berbunyi hal itu tentu saja sangatlah memalukan. Keroncongan sebenarnya bukan hanya dikarenakan oleh kondisi perut yang kosong, namun bisa jadi karena beberapa faktor lainnya. Adapun faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Seperti yang sudah dilansir dari dokter sehat menyatakan bahwa, ketika telah selesai makan maka 2 jam berikutnya makanan tersebut akan segera dicerna oleh tubuh, dengan begitu kondisi perut akan menjadi kosong kembali. Hasil dari proses pencernaan tersebut akan menghasilkan hormon yang akan menstimulasi saraf untuk mengirimkan pesan kepada otak di mana otak tersebut akan menerima pesan secara langsung dan bereaksi dengan terjadinya vibrasi yang akan membuat kita merasa lapar. Pada dasarnya bunyi tersebut terjadi ketika perut mengalami kombinasi terhadap rongga usus yang kosong.

Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Ketika Puasa

Nah inilah kenapa ketika orang yang sedang berpuasa seringkali mengalami keroncongan. Berikut akan dijelaskan mengenai tips agar perut tidak keroncongan. Hal ini bertujuan supaya ketika Anda berpuasa tidak sering mengalami keroncongan yang mungkin hal itu sangat mengganggu aktivitas Anda, maka sebaiknya Anda bisa menperhatikan tips berikut ini!

Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Ketika Puasa

  1. Ketika Anda sedang makan sahur, usahakan jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas seperti contohnya sayur sawi, kubis yang di mana kedua makanan tersebut sangat banyak mengandung gas. Kandungan gas yang terdapat dalam makanan sangat berpotensi untuk memicu asam lambung yang membuat perut menjadi keroncongan.
  2. Selain jangan mengonsumsi makanan yang bergas, Anda juga diusahakan jangan makan makanan yang benyak mengandung lemak. Sepeti contohnya coklat, keju, mie instan dan masih banyak lagi lainnya. Kerena makanan berlemak sangat sulit untuk dicerna dengan begitu pencernaan akan sangat lama danĀ akan memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan yang membuat perut menjadi keroncongan.

Nah itulah beberapa tips agar perut tidak keroncongan ketika puasa. Jika Anda tidak ingin perut Anda keroncongan di siang hari ketika sedang puasa maka sebaiknya Anda bisa menghindari kedua jenis makanan tersebut. Selain itu Anda juga harus memperhatikan trik makan Anda yaitu makanlah sedikit-sedikit tapi banyak. Hal itu dapat memberikan rasa lapar yang bebih lama ketika Anda sedang berpuasa. Baca juga Makanan yang mengandung antibiotik.

loading...
Tags:Agar perut lapar tidak keroncongan, cara membuatperut tidak keroncongan di saat banyak orang, sudah makan pisang perut masih keroncongan, tips puasa agar perut tidak keroncongan