Tips Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

By Categories : Kesehatan

Keracunan makanan bisa dialami oleh siapa saja, terutama bagi orang yang suka jajan sembarangan atau makan makanan yang sudah kadaluarsa. Supaya terhindar dari masalah karacunan makanan, usahakan selalu periksa makanan yang akan kita makan, salah satunya adalah dengan cara memeriksa tanggal kadarluarsa, mencium baunya dan melihat terjadi perubahan warna atau tidak. Jika Anda adalah salah seseorang yang suka jajan di pinggir jalan sangat perlu sekali melakukan hal tesebut guna untuk menghindari terjadinya keracunan makanan.

Tips Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Sebenarnya untuk masalah keracunan makanan ini bukanlah suatu penyakit yang sangat berbahaya karena efek keracunan biasanya hanya terjadi sampai kurun waktu 1 hari sampai dengan 3 hari saja, namun jika tidak dideteksi dengan cepat maka akan berakibat buruk bagi kesehatan hingga dapat menyebabkan kematian. Untuk mendeteksi terjadinya keracunan makanan dengan cepat adalah dengan melihat gejala yang timbul di antaranya adalah muntah, pusing, mual dan badan terasa lelah. Nah jika sudah menunjukkan gejala seperti itu, maka sebaiknya segera dilakukan penanganan yang cepat. Adapun untuk memastikan kebenaran terjadi keracunan atau tidak dapat dilakukan dengan cara menguji makanan, memeriksa tinja, darah hingga bisa dengan menguji muntahan Anda.

Berikut Adalah Tips Cepat Mengatasi Keracunan

Pisang dan Apel

Cara untuk mengatasi masalah keracunan yang pertama adalah dengan cara menggunakan buah pisang dan apel. Kedua buah-buahan tersebut mengandung enzim yang berfungsi untuk menghambar pertumbuhan bakteri penyebab keracunan. Selain itu buah apel dan pisang dapat mengatasi rasa sakit pada perut yang diakibatkan oleh bakteri penyebab keracunan.

Minum Air Putih

Tips cepat mengatasi keracunan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air putih. Ketika seseorang telah menunjukkan gejala karacunan, sangat dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh menjadi bertenaga dan dapat mengatasi rasa mual yang sering dirasakan oleh penderita keracunan. Selain itu dengan minum air putih yang banyak juga bisa juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Minum Teh Campur Madu

Teh campur madu ini juga salah sayu minuman yang sudah dipercaya memiliki manfaat dalam mengatasi masalah keracunan makanan. Untuk caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mencampurkan secangkir air jahe yang sudah diberi 2 sendok madu. Ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit karena peradangan yang terjadi pada perut dan saluran pencernaan lainnya.

Teh Hitam

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengonsumsi teh hitam atau daun basil. Cara ini bertujuan untuk mengatasi racun pada perut Anda. Anda dapat menyeduhnya dengan air hangat dan tidak perlu menggunakan gula.

Sekian penjelasan menganai tips cepat mengatasi keracunan makanan. Cobalah untuk melakukan solusi-solusi di atas jika Anda atau kerabat Anda ketika mengalami keracunan. Tapi, jika Anda sudah melakukan seperti cara di atas tidak ada perubahan sebaiknya Anda segera untuk memeriksakan ke dokter supaya dapat ditangani dengan cepat dan benar.

Baca juga artikel mengenai Akibat menahan kencing terlalu lama.

loading...