Tips Kesehatan Mata Yang Benar

By Categories : Kesehatan

Mata adalah alat indera tubuh yang sangat penting dan perlu di perhatikan dan juga harus di lindungi agar kesehatan mata tetap terjaga dan berfungsi dengan baik. Tanpa mata mungkin segala jenis pekerjaan manusia akan menjadi terbengkalai. Yang harus diperhatikan yaitu menjauhi dan mencegah beberapa masalah yang membahayakan mata. Biasanya masalah pada mata yang terjadi seperti miopi, hipermetropi, Presbiopi, buta warna dan juga rabun jauh. Untuk penyakitnya bisa terjadi katarak, kanker mata, atau bahkan kebutaan. Maka dari itu kesehatan mata sangat perlu diperhatikan sejak dini. Bagi Anda yang masih kebingungan dan belum mengerti tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata, berikut akan diulas secara detail dan lengkap mengenai tips kesehatan mata yang dapat Anda coba lakukan.

Tips Kesehatan Mata Yang Benar

Beberapa Tips Kesehatan Mata

Tips kesehatan mata yang pertama yaitu memperhatikan jarak membaca dengan buku. Gunakan jarak yang ideal ketika sedang membaca buku. Jarak ideal artinya membaca buku dengan jarak kurang lebihnya 30 cm dari mata ke buku. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya miopi atau juga disebut dengan rabun dekat. Biasanya para anak anak pelajar saat ini sudah banyak yang memakai kacamata akibat membaca terlalu dekat. Biasanya tidak hanya dengan membaca buku saja, anak muda sekarang sudah umum memiliki handphone canggih. Biasanya penggunaan jarak dekat antara mata dengan layar handphone juga dapat memicu terjadinya gangguan mata ini.

Tips kesehatan mata yang kedua yaitu disarankan untuk tidak melakukan aktivitas kegiatan mata sambil tiduran, contohnya membaca buku, bermain handphone, menonton TV dan lain sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada mata. Hal-hal ini memang sering disepelekan karena kebanyakan dari sebagian orang terutama anak muda yang belum terkena dampaknya sangat sulit untuk berusaha mencegahnya. Kemudian kecukupan akan cahaya juga sangat diperhatikan, tidak baik jika menggunakan penerangan yang terlalu redup juga tidak baik menggunakan penerangan yang sangat terang ketika hendak belajar atau membaca sesuatu.

Tips kesehatan mata yang ketiga yaitu perlunya waktu istirahat untuk mata. Bagi Anda yang memiliki aktivitas menggunakan komputer, sebaiknya untuk mengistirahatkan mata Anda dan hindari pemaksaan mata untuk bekerja. Hal ini sangat penting karena ketika mata dipaksa untuk melihat satu titik saja maka lama kelamaan mata akan menjadi kaku dan dapat menyebabkan gangguan pada mata. Sering-seringlah menggunakan mata Anda untuk melihat hal-hal lain yang berada disekeliling Anda sebelum menatap layar komputer kembali.

Tips kesehatan mata yang keempat atau yang terakhir yaitu disarankan untuk tidak mengucek mata terlalu sering. Biasanya meskipun tangan dalam keadaan kotor tanpa disadari banyak orang yang menggunakannya untuk mengucek mata. Jika Anda ketahui infeksi yang terjadi pada organ mata sering terjadi karena mengucek mata dan akibatnya mata malah terasa pedih dan urat mata terlihat merah. Hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Kemudian yang harus diperhatikan untuk kesehatan mata yaitu disarankan untuk sering sering mengedipkan mata dan juga banyak banyak mengonsumsi jenis buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A yang sangat berfungsi untuk mata.

Deskripsi : Tips kesehatan mata kali ini menghimbau banyak orang agar tidak menyepelekan sesuatu yang jelas jelas dapat merugikan mata, akibatnya kesehatan mata tidak terlindungi dan mata tidak bekerja dengan baik.

loading...
Tags:deskripsi kesehatan mata, FOTO MATA