Tips Memilih Batik Yang Tepat

By Categories : Fashion

Batik merupakan warisan budaya yang harus selau dilestarikan, karena batik itu sendiri merupakan identitas negara ini yaitu Indonesia. Batik saat ini sudah sangat terkenal hingga seluruh dunia, banyak sekali orang yang senang untuk menggunakan batik meskipun dalam acara formal atau non formal. Bukan hanya itu saja, jika kita suka dengan batik sama saja kita dapat menunjukkan eksintensi kepribadian  kita di mata Dunia.

memilih batik
Batik memiliki corak yang beragam tergantung dari asal daerah dari  penjuru negara di Indonesia. Keistimewaan lain dari batik Indonesia adalah corak yang berbeda pada setiap daerah, maka bisa dikatakan sangat beragam. Oleh karena itu bukan hanya masyarakat lokal saja, namun masyarakat asing pun sangat suka dengan batik Indonesia. Mereka menganggap jika pada saat berkunjung ke Indonesia jika belum membeli oleh-oleh batik itu rasanya belum afdol. Wow, sangat sesuatu ternyata batik di mata mereka. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan selalu melestarikan warisan budaya kita tersebut.

Namun selain itu mungkin dengan banyaknya produk batik yang sangat beragam itu, tentu membuat Anda bingung pada saat memilih batik. Tapi Anda jangan khawatir berikut ini akan saya akan sajikan artikel tips memilih batik yang tepat, adapun tipsnya berikut ini. Baca juga artikel ini Tips Merawat Sepatu Kulit.

Tips memilih batik yang tepat

1. Bahan
Kualitas bahan pada batik satu dengan yang lain sangat berbeda. Adapun perbedaan tersebut adalah dalam penggunakan bahan dasar. Jenis bahan dasar diantaranya menggunakan bahan katun atau biasa dan ada yang luar biasa yaitu menggunakan sutera. Maka dari itu perbedaan bahan dapat mempengaruhi harga batik berdasarkan bahan yang digunakan.

2. Motif
Seperti yang sudah kita bahas tadi, setiap daerah memiliki motif yang berbeda-beda. Maka dari itu jika Anda suka mengeksplorasi sesuatu yang unik mungin Anda bisa memiliki batik pada setiap daerah pasti Anda akan memlihat keunikan tersebut karena setiap goresan batik memiliki arti tersendiri.

3. Warna
Jika Anda menginginkan warna yang terbaik yaitu warna dasar batik dengan background warna tanah yang bisa Anda pilih. Untuk penyesuaian warna dalam acara non formal Anda bisa memilih warna yang cerah,  dan untuk acara formal bisa menggunakan warna yang gelap.

Itulah tadi tips memilih batik yang tepat yang perlu Anda perhatikan. Jadi, dalam pemilihan batik harus perhatikan tiga tips dasar yang sudah dijelaskan di atas tadi. Maka dari itu Anda tidak akan merasa bingung ataupun ragu pada saat menggunakan batik baik pada acara formal atau non formal. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Penampilan Saat Interview.

Tags:kebaya modern muslim