Tips Memilih Busana Muslim Pria

By Categories : Fashion

Penganut agama Islam pastinya sangat peduli terhadap busana yang mereka kenakan mulai dari pakaian sehari-hari ataupun pakaian untuk beribadah. Salah satu jenis pakaian yang sering digunakan untuk beribadah adalah busana muslim. Di Indonesia sendiri, busana muslim mendapatkan perhatian yang sangat besar. Maka jangan heran jika saat ini ada banyak toko-toko yang menjual busana muslim baik secara langsung ataupun online.

tips memilih busana muslim pria

Sama halnya dengan pakaian-pakaian yang lain, munculnya berbagai macam jenis busana muslim tentunya akan membuat kita menjadi semakin bingung. Hanya wanita saja, para pria juga ingin tampil lebih modis saat lebaran dengan  menggunakan busana tersebut. Nah berikut adalah tips memilih busana muslim pria yang dapat Anda terapkan sebelum membelinya.

Tips tampil modis dengan busana muslim pria

Tampil syar’i

Tak hanya wanita saja, seorang pria dalam memilih busana muslim juga harus sesuai dengan syariat Islam. Yaitu dengan cara memilih busana syar’i. Yang dimaknsud dengan busana syar’i adalah busana yang memiliki kain yang tebal, tidak transparan, tidak ketat dan pastinya harus menutup aurat pria. Dalam memilih busana muslim kriteria tersebut haruslah diperhatikan.

Menggunakan celana bahan

Menggunakan celana jeans memanglah hal yang sangat nyaman. Namun sebaiknya Anda jangan memadukan celana casual tersebut dengan busana muslim Anda. Lebih baik Anda memilih celana bahan yang pas di badan. Celana bahan yang Anda kenakan akan membuat penampilan lebih modis dan juga rapi. Setelan kedua bahan tersebut dapat Anda gunakan untuk acara non formal ataupun formal.

Gunakan ukuran yang pas di badan

Tips selanjutnya adalah pilihlah busana muslim yang pas di badan. Tak hanya busana muslim saja, saat menggunakan busana apapun sebaiknya Anda memilih ukuran yang pas di badan Anda. Hal ini dikarenakan baju yang terlalu longgar akan membuat tubuh Anda menjadi tenggelam dan terkesan aneh. Sedangkan ukuran baju yang terlalu kecil dan ketat tentunya adapat membuat pergerakan Anda semakin tidak nyaman dan tidak cocok untuk jenis busana yang satu ini.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Dalam memilih busana muslim, Anda juga harus menyesuaikan busana dengan keperluan yang akan Anda hadiri. Untuk busana muslim yang akan digunakan sehari-hari, Anda dapat memilih busana muslim dengan bahan katun yang dapat menyerap panas. Namun jika Anda akan menggunakannya untuk acara keagamaan ataupun acara resmi lainnya Anda dapat memilih bahan dengan kualitas terbaik seperti sutera, satin ataupun taffeta.

Pemilihan warna

Pemilihan warna busana merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Pilihlah busana muslim dengan warna lembut ataupun warna netral. Warna-warna tersebut akan membuat penampilan Anda lebih maskulin, modern dan tidak ketinggalan jaman.

Nah itulah beberapa tips memilih busana muslim pria. Baca juga artikel tentang Tips berpakaian pria saat wisuda.

Tags:tips baju sehari-hari cowok muslim