Tips Memilih Jaket untuk Mendaki Gunung

By Categories : Fashion

Beraktivitas di alam bebas dan terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena saat kita melakukan traveling di alam kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya yang tidak bisa kita lihat dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu traveling di alam bebas adalah mendaki gunung.

Tips memilih jaket untuk mendaki gunung

Meskipun terlihat menyenangkan dan seru, akan tetapi saat melakukan pendakian ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan, salah satunya yaitu jaket. Selain untuk menujang penampilan, jaket yang Anda gunakan berfungsi untuk melindungi dari udara dingin saat berada di gunung. Jaket yang digunakan pun tidak jaket sembarangan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa seorang pendaki seringkali mengalami beberapa rintangan alam. Umumnya ada dua jenis rintangan alam yang seringkali terjadi yang membuat Anda harus mempertimbangkan jenis jaket yang akan di bawa. Nah berikut adalah rintangan alam yang sering terjadi:

Hujan

Setiap pendaki pasti sudah tahu dengan rintangan alam yang satu ini. Hujan juga dikenal sebagai rintangan yang sangat ganas, apalagi jika dipadukan dengan temperatur rendah, kecepatan angin yang tinggi serta kabut tebal. Jika pakaian dan tubuh pendaki basah pastinya hal ini dapat membuat tubuh kegdinginan, menggigil dan bahkan hipotermia. Oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui beberapa tips memilih jaket gunung yang tepat.

Angin

Selain hujan, angin juga merupakan rintangan alam yang paling sering dijumpai ketika mendaki gunung. Semakin tinggi ketinggiannya maka semakin kencang pula angin yang bertiup. Tak hanya itu saja, angin juga tidak bisa diprediksi kapan akan muncul. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memilih jaket yang mampu menahan angin (windproof).

Berikut adalah tips memilih jaket untuk mendaki gunung.

Cara memilih jaket untuk kegiatan outdoor

Perhatikan kenyamanan jaket

Saat menggunakan sesuatu faktor kenyamanan adalah salah satu faktor yang tidak dapat diabaikan. Kenyamanan merupakan hal utama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih jaket. Pilihlah jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda. Hindari Anda memilih jaket yang terlalu ketat dan pastikan saat Anda mencobanya, jaket tersebut dapat memberikan kenyamanan dan ruang saat Anda bergerak.

Pilih jaket waterproof

Tips memilih jaket untuk mendaki gunung yang kedua adalah pilihlah jaket waterproof atau anti air. Jaket waterproof pastinya akan dilengkapi dengan inner yang berbahan polar. Sehingga jaket tersebut sangat ampuh untuk menahan tubuh Anda dari embun hingga hujan ringan yang biasanya terjadi di gunung. Saat memilih jaket waterproof, pastikan Anda memperhatikan jahitannya benar-benar rapat. Karena meskipun waterproof tetapi jahitannya renggang, ini pun dapat membuat air merembes melaui celah-celah jahitan tersebut. Jaket jenis ini juga sering dipilih sebagai tips memilih pakaian saat musim hujan. Untuk mengujinya, Anda pun bisa mencobanya di luar rumah ketika hujan ataupun berdiri di pancuran untuk beberapa menit. Hal ini sangat berguna untuk menguji apakah jaket tersebut benar-benar waterproof.

Perhatikan detail jaket

Tips selanjutnya adalah memperhatikan detail jaket. Detail pada jaket yang biasa digunakan adalah kantong dan juga resleting. Terlalu banyak kantong yang ada pada jaket akan membuat jaket tersebut kurang efektif. Perhatikanlah detail jaket tersebut sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh yaitu kedua kantong yang ada di samping kanan dan kiri. Kedua kantong tersebut selain dapat berguna untuk menyimpan barang kecil, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menghangatkan kedua telapak tangan Anda. Sedangkan untuk resleting, pastikan memiliki lapisan bagian depan. Hal ini bertujuan agar lapisan resleting tahan terhadap air. Tak hanya itu saja, pilihlah jaket yang ada penutup kepalanya, supaya kepala dan telinga terlindung dari angin ataupun hujan.

Perhatikan merk jaket

Saat akan membeli jaket gunung pastikan Anda sudah memiliki referensi mengenai merek jaket tersebut. Ada beberapa merk luar negeri yang terkenal dan memiliki kualitas yang baik, seperti Heads, Timberland dan lainnya. Selain merek luar negeri, Anda juga dapat memilih beberapa merk lokal yaitu Consina, Rei, Eiger dan Avtech. Selain merk-merk tersebut ada juga merk yang tidak terkenal akan tetapi memiliki kualitas yang bagus.

Perhatikan warna jaket

Tips memilih jaket gunung selanjutnya adalah dengan memperhatikan warna jaket. Pilihlah jaket dengan warna yang mencolok. Kita tidak akan pernah tahu berbagai macam kemungkinan terburuk yang bisa terjadi di gunung. Oleh karena itu, memilih jaket dengan warna yang cerah adalah pilihan yang tepat. Hal ini berguna untuk memudahkan identifikasi. Jangan memilih warna yang kamuflase seperti loreng-loreng yang biasa di pakai tentara, karena dapat menyulitkan pencarian apabila Anda tersesat.

Lakukan perawatan

Setelah membelinya, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala agar jaket tetap awet dan tidak mudah rusak. Simpan jaket tersebut ke dalam kantong kedap air. dan pastikan agar selalu tetap kering. Jika ingin melakukan pendakian, taruh jaket tersebut pada bagian tas yang mudah terjangkau sehingga mudah diambil ketika akan digunakan.

Nah itulah beberapa tips memilih jaket untuk mendaki gunung yang dapat Anda coba. Baca juga artikel mengenai Jenis jaket wanita yang perlu Anda ketahui.

loading...
Tags:jaket eiger anti air, jaket gunung eiger, jaket untuk naik gunung, jaket gunung rei, jaket tahan air eiger, jaket pendaki, harga jaket gunung eiger, jaket anti air eiger, jaket pendaki gunung, jaket consina waterproof, jaket naik gunung, jaket waterproof eiger, jaket gunung waterproof eiger, jaket gunung consina, jaket buat naik gunung