Tips Memilih Minyak Goreng Yang Sehat

By Categories : Kesehatan

Mendengar kata minyak goreng mungkin sudah tidak asing lagi untuk kita semua, apalagi bagi para ibu dan Anda yang gemar memasak. Hal ini dikarenakan minyak goreng merupakan bahan masakan yang hampir selalu ada di dapur keluarga. Dengan adanya minyak goreng kita dapat menciptakan berbagai jenis masakan yang nikmat untuk di sajikan bersama keluarga. Meskipun mengonsumsi makanan yang berminyak sangat tidak bagus bagi kesehatan, tapi pastinya kita tidak bisa meninggalkan kebiasaan memasak menggunakan minyak goreng. Bukan hanya tidak baik bagi kesehatan saja, melainkan juga bisa menjadi pemicu kegemukan atau obesiatas, benarkah hal tersebut? Menurut sebuah studi observasi menyatakan bahwa salah satu penyebab kegemukan pada seseorang adalah karena kebiasaan mengonsumis makanan berminyak secara berlebihan. Apalagi jika minyak tersebut mengandung lemak dan nilai kalori yang sangat tinggi, maka itu sudah dapat dikategorikan masuk dalam jenis minyak yang tidak sehat.

tips-memilih-minyak-goreng-yang-sehat
Nah sebagai solusi terbaik mengatasi hal tersebut, penting kiranya jika Anda mengentahui cara memilih minyak goreng yang sehat. Maka dengan begitu Anda tidak perlu waspada dengan berbagai penyakit akibat sering mengonsumsi makanan yang mengandung minyak. Lantas bagaimana cara untuk memilih minyak goreng yang sehat? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat

  1. Hal pertama kali yang harus Anda lakukan untuk memilih minyak goreng yang sehat adalah pilihlah yang jernih, tidak kental dan pastinya tidak mudah beku. Minyak goreng sehat bukan hanya dilihat dari tampilan yang terlihat jernih, tapi juga perlu diperhatikan dari teksturnya yaitu jangan telalu kental dan mudah beku. Kondisi tersebut sangat beresiko bagi kesehatan yaitu dapat memicu penyakit kolesterol, penyakit kanker,dan berbagai macam penyakit lainnya.
  2. Pilihlah minyak yang memiliki kandungan rendah lemak, minyak memang sangat identik dengan memiliki kandungan tinggi lemak jahat. Seperti yang kita tahu kandungan lemak jahat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun Anda jangan khawatir, banyak terdapat minyak yang memiliki kandungan rendah lemak. Namun tergantung Anda pintar-pintar dalam memilihnya. Adapun minyak yang rendah lemak yaitu seperti minyak jagung, minyak zaitun dan minyak kanola.
  3. Penggunaan yang tepat, hal terakhir yang harus anda lakukan untuk mendapatkan minyak goreng yang sehat adalah memperhatikan penggunaan minyak yang tepat. Sebaiknya jika Anda menggunakan minyak goreng tidak untuk digunakan berulang kali karena akan membuat tidak sehat. Hal ini dikarenakan stuktur kimia minyak mengalami perubahan menjadi bersifat karsiogenetik atau berpotensi untuk menyebabkan kanker. Selain itu juga alangkah baiknya hindari penggunaan suhu yang terlalu tinggi pada saat menggoreng.

Demikian penjelasan mengenai tips memilih minyak goreng yang sehat yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Manfaat Minyak Zaitun.