Tips Memilih Shampo yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

By Categories : Kecantikan

Seperti yang Anda ketahui jenis rambut setiap orang pastinya berbeda. Mulai dari dari rambut normal, rambut kering, rambut berminyak dan juga rambut rusak. Berbeda jenis rambut tentu saja berbeda jenis shampo yang harus Anda gunakan. Memilih shampo yang tidak tepat untuk rambut Anda pastinya dapat membuat rambut semakin rusak. Ini karena kebutuhan nutrisi rambut setiap orangpun berbeda-beda. Baca juga cara cepat memanjangkan rambut kepala.

Lantas bagaimana cara Anda menyikapi banyaknya produk shampo yang dijual pasaran? Apakah shampo tersebut cocok bagi jenis rambut Anda? Jika Anda masih bingung, Anda dapat menyimak tips memilih shampo yang tepat sesuai jenis rambut Anda berikut ini!

pilah-pilih-shampo-anti-ketombe-yang-te-85de37

Tips jitu memilih shampo yang tepat

Kenali rambut jenis rambut Anda

Tips yang pertama sebelum memilih shampo adalah mengenali jenis rambut. Apakan Anda memiliki rambut normal, kering atau berminyak. Seseorang yang memiliki rambut normal ciri-cirinya adalah jika raba akan terasa lembut, halus dan bercahaya. Berbeda dengan jenis rambut normal, seseorang yang memiliki rambut kering jika dipengang akan mengeluarkan suara, berwarna pirang atau kemerah-merahan, tipis dan kaku. Sedangkan untuk rambut berminyak memiliki ciri-ciri mudah berketombe, cepat lepek, mengkilap, lengket dan cenderung basah.

Shampo untuk rambut normal

Jika Anda memiliki rambut normal, Anda tidak perlu khawatir. Karena seseorang yang memilki rambut normal relatif mudah dan cocok dalam segala jenis shampo. Namun untuk tetap menjaga kesehatannya agar lebih lembut dan juga indah, jenis rambut normal sangat baik menggunakan shampo jenis daily teraphy. Hindari juga penggunakan alat-alat panas yang dapat merusak rambut Anda. Selain itu, sebaiknya cucilah rambut Anda 3-5 hari sekali untuk menjaga minyak rambut agar tetap stabil. Sehingga ini akan membuat rambut Anda tidak kering dan tetap indah.

Shampo untuk rambut kering

Rambut kering biasanya disebabkan karena terlalu berlebihan dalam penggunaan alat-alat panas, sering terkena sinar matahari dan juga sering mewarnai rambut. Untuk membantu mengembalikan kondisi yang seperti semula, seseorang yang memiliki rambut kering sebaiknya memilih shampo yang dry therapy. Jenis shampo tersebut dapat membantu untuk melembabkan rambut. Tak hanya itu, berikan juga perawatan deep conditoner pada batang dan ujung rambut. Seseorang yang memiliki rambut kering sebaiknya mencuci rambut 2 kali dalam seminggu.

Shampo untuk rambut berminyak

Selanjutnya adalah cara memilih shampo untuk rambut berminyak. Bagi Anda yang memiiki jenis rambut berminyak gunakanlah shampoo yang memiliki label ‘clarifiying’. Jenis shampo yang seperti ini membantu rambut untuk membersihkan minyak pada rambut. Tak hanya itu, seseorang yang memiliki jenis rambut berminyak juga bisa menggunakan shampo yang memiliki kandungan aloe vera. Dan sebaiknya hindari shampo yang 3 in 1 atau 2 in 1. Karena shampo tersebut dapat memicu ketombe pada rambut Anda.

Demikianlah penjelasan tentang tips memilih shampo yang tepat sesuai jenis rambut. Sudahkah Anda menemukan yang cocok bagi rambut Anda?

Baca juga artikel lainnya manfaat minyak zaitun untuk rambut.

loading...
Tags:ciri ciri rambut tidak cocok dengan shampo, tips memilih shampo rambut tipis, ciri rambut cocok dengan shampo, ciri jika tidak cocok sampo, ciri ciri shampo yg cocok ketika kita pakai, ciri ciri shampo yang tidak cocok untuk rambut, ciri ciri shampo yang, ciri ciri sampo yang cocok dengan rambut kita, ciri ciri rambut tidak cocok dengan shampo pria, cara mengetes rambut kita cocok dengan sampo apa, cara menentukan sampo, cara menemukan shampo yang cocok, cara memilih shampo yang tepat untuk rambut tipis, cara memilih sampo yang baik, cara memilih sampo