Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

By Categories : Kesehatan

Susu merupakan sumber makanan bagi tulang dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Hal ini dikarenakan susu kaya akan kalsium dan vitamin D. Salah satu asupan susu terbaik adalah ASI, namun dalam alasan tertentu, sebagian wanita tidak dapat memberikan ASI kepada sang buah hati, seperti jumlah produksi ASI yang sedikit. Untuk menyisasati hal ini pemberian susu formula merupakan langkah yang tepat untuk menggantikan asupan nutrisi dari ASI.

A

Namun dalam memilih susu formula, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Hal ini karena pemilihan susu formula yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi. Nah, berikut adalah cara memilih susu formula untuk bayi.

Tips memilih susu formula yang tepat

Sesuaikan dengan usia

Tips yang pertama adalah sesuaikan dengan usia bayi. Jika bayi masih berusia satu tahun, pastikan Anda memilih susu sapi  dengan kandungan whey protein. Karena jenis protein yang satu ini sangat mudah dicerna untuk bayi yang baru lahir hingga satu tahun. Namun  jika bayi Anda tidak menyukai susu yang Anda berikan, Anda dapat mengganti rasa ataupun merek susu tersebut. Selain itu, jika bayi tidak cocok dengan susu dan menyebabkan diare, muntah dan lemas segeralah untuk menemui dokter untuk berkonsultasi jenis susu apa yang cocok dan aman untuk digunakan.

Hindari susu kedelai

Meskipun susu kedelai bermanfaat untuk kesehatan, seorang bayi yang di bawah umur 6 bulan sebaiknya menghindari jenis susu ini. seperti yang Anda ketahui saat ini di pasar kerap menjual  susu formula yang berasal dari kedelai. Biasanya produsen akan mengatakan bahwa susu tersebut dapat digunakan untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Meskipin begitu Anda harus tetap menghindari susu yang satu ini. Selain susu kedelai, Anda juga harus mengindari beberapa jenis susu lainnya yaitu susu sapi reguler, susu kental manis, susu kambing, susu almond, susu evaporasi dan juga susu sereal.

Lihat kemasan dan tanggal kadaluarsa

Dalam memilih susu formula, melihat tanggal kadaluarsa dan kemasan adalah hal yang paling penting. Belilah susu formula yang memiliki kemasan baik dan tersegel dengan aman. Kondisi kemasan susu yang seperti ini dapat dipastikan bahwa kualitas susu terjaga dengan baik dan tidak terkontaminasi. Selain memperhatikan, Anda juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa. Pilihlah susu yang memiliki tanggal kadaluarsa yang masih lama.

Perhatikan komposisi nutrisi susu

Tips memilih susu yang tepat selanjutnya adalah memperhatikan komposisi susu. Mengenali nutrisi yang terkadung dalam susu juga merupakan hal yang penting. Kriteria susu yang baik adalah susu yang kandungan nutrisinya sama seperti ASI. Yaitu terdapat AA, DHA, EPA, prebiotik, kalsium dan nutrisi terbaik lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dan kandungan susu formula.

AA atau AHA 

Yang pertama adala AA atau AHA. Kandungan ini umumnya sudah terdapat dalam ASI yang disebut-sebut sebagai zat yang dapat merangsang perkembangan saraf mata yang berguna untuk indera penglihatan bayi. AA sendiri memiliki peranan sebagai neurotransmitter.

Prebiotik

Yang kedua adalah prebiotik. Prebiotik merupakan unsur paling penting dalam susu formula. Fungsi utama prebiotik adalah untuk menyempurnakan sistem pencernaan bayi agar bayi terhindar dari sembelit. Beberapa penelitian juga mengklaim bahwa prebiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari segala penyakit.

Omega 3 dan omega 6

Kandungan susu formula selanjutnya adalah omega 3 dan omega 6. Kedua lemak baik tersebut tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, sehingga untuk menyukupinya kita harus mengonsumsi sumber makanan kaya akan omega 3 dan omega 6. Lemak tak jenuh tersebut berguna untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah kerusakan sel, memelihara kesehatan kulit, kuku dan juga hormon.

DHA

DHA hampir sama seperti AA. Oleh karena itu, fungsi dari DHA adalah untuk membantu perkembangan otak dan indera penglihatan bayi. Badan kesehatan dunia (WHO) dan Food and Agriculture Organization (FAO) merekomendasikan kandungan susu formula AA dan DHA terutama untuk bayi yang lahir prematur.

LA 

LA atau linoleic acid adalah asam lemak yang berguna untuk perkembangan otak dan mental bayi. Fungsi utama LA umumnya hampir sama seperti AA dan DHA yaitu untuk perkembangan sistem saraf dan menjaga penglihatan bayi.

Kolin

Selanjutnya adalah kolin. Pastinya kolin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kolin merupakan bagian dari vitamin B. Kolin sangatlah dibutuhkan oleh otak untuk meremajakan atau memperbaharui sel-selnya. Tak hanya itu saja, fungsi kolin lainnya adalah untuk mencegah memberan sel agar tidak mudah bocor ataupun rapuh. Sehingga proses peremajaan sel tersebut dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Beta karoten 

Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan serta untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Nah itulah beberapa tips memilih susu formula untuk bayi yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Cara meningkatkan kualitas ASI secara alami.

loading...
Tags:bagaimana cara memilih susu formula yang baik untuk bayi prematur, susu formula bayi 6 -12 terbaik