Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Matahari adalah salah satu sumber kehidupan makhluk hidup yang ada di dunia. Seperti yang Anda ketahui, matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun, terkena paparan sinar matahari terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Ini karena terlalu banyak terkena sinar matahari dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan pada kulit seperti penuaan dini, garis halus pada wajah, kerutan, kulit menjadi kering dan bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan sesuatu yang dapat melindungi kulit yaitu tabir surya atau suncreen. Pakar dermatologis dunia menyatakan bahwa kebiasaan menggunakan tabir surya dan menganakan pakaian tertutup setiap hari dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker kulit hingga 80%. Jika Anda masih bingung memilih tabir surya mana yang cocok untuk Anda, berikut adalah tips memilih tabir surya yang tepat.

Tips Memilih Tabir Surya

Tips Memilih Tabir Surya yang Dapat Anda Coba

Perhatikan Jenis Kulit Anda

Sebelum memilih tabir surya hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki jenis kulit normal atau kombinasi Anda dapat memilih tabir surya yang mengandung minyak (oil based). Namun jika jenis kulit Anda adalah kulit berminyak Anda dapat menggunakan tabir surya yang tidak mengandung minyak (oil free).

Sesuaikan Kebutuhan

Setelah Anda mengetahui jenis kulit, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tabir surya sesuai kebutuhan. Ada beberapa sifat jenis tabir surya yang wajib Anda ketahui yaitu bersifat nonacnegenic (tidak menimbulkan jerawat), tahan air dan juga keringat, hypoallergenic (tidak menimbulkan alergi) serta noncomedogenic (tidak akan menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan komedo).

Perhatikan Efikasi Krim

Tips memilih tabir surya selanjutnya adalah memperhatikan efikasi krim atau kemampuan krim tabir surya tersebut dalam melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari. Pastikan Anda memperhatikannya dengan teliti apakah krim tabir surya yang Anda beli dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B atau salah satunya. Sinar UV A dapat menyebabkan bintik hitam penuaan dan juga penuaan. Sedangkan sinar UV B dapat membakar kulit sehingga dapat menyebabkan terjadinya “sun burn”.

Minta Rekomendasi dari Teman atau Keluarga

Kenyamanan dalam menggunakan tabir surya adalah hal penting yang jangan Anda lupakan. Sebelum membelinya, mintalah rekomendasi teman atau keluraga yang sudah mencoba menggunakan krim tabir surya. Tanyakan pada mereka apakah tabir surya tersebut nyaman saat digunakan atau tidak. Hal ini karena jika krim tersebut nyaman digunakan akan membantu Anda lebih rajin dalam menggunakannya. Sehingga wajah Anda selalu terlindungi setiap harinya.

Nah itulah beberapa tips memilih tabir surya yang tepat. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan angka SPF pada tabir surya. Jika Anda seseorang yang tidak terlalu banyak beraktivitas outdoor, Anda dapat memilih suncreen dengan SPF 15. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Tips merawat wajah berjerawat.

loading...