Tips Mencegah Rambut Rontok dan Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Tips mencegah rambut rontok setelah melahirkan merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan para wanita. Bagi Anda yang sedang bingung mencari artikel tentang bagaimana tips yang tepat mencegah rambut rontok dan cara menyuburkannya pasca melahirkan, Anda masuk di artikel yang tepat. Kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, rambut merupakan mahkota seseorang. Baik pria ataupun wanita pastinya ingin memiliki rambut yang sehat dan lebat. Selain ketombe, masalah dan musuh utama rambut adalah kerontokan. Rambut rontok umumnya disebabkan karena rapuhnya rambut. Jika tidak segera diatasi akibat utama dari rambut rontok adalah kebotakan. Jika sudah begini tentu saja sangat menganggu penampilan Anda. Lantas bagaimana dengan seorang wanita yang baru melahirkan?

Tips Mencegah Rambut Rontok

Umumnya, wanita setelah melahirkan juga akan mengalami masalah yang satu ini, hanya saja rambut rontok yang dialami setelah melahirkan adalah hal normal yang tak perlu dikhawatirkan. Rambut rontok pasca melahirkan atau yang biasa disebut dengan Postpartum Hair Loss ini terjadi akibat meningkatkan hormon esterogen yang terjadi selama kehamilan. Perlu diketahui hormon esterogen dapat memperpanjang fase pertumbuhan rambut. Sehingga rambut akan terasa lebih tebal ketika hamil.

Namun setelah persalinan, hormon esterogen pun akan kembali normal dan fase pertumbuhan rambut juga akan mengalami hal yang sama. Biasanya hal ini akan ditandai dengan terjadinya kerotokan. Anda tak perlu khawatir, sebab 50 persen wanita hamil akan mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. Dan hal ini pun akan pulih kembali menjadi normal  setelah 6 hingga 12 bulan pasca melahirkan. Lantas bagaimana cara mencegah agar rambut rontol tidak terlalu banyak dan bagaimana cara menyuburkan rambut kembali setelah melahirkan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Tips Mencegah Rambut Rontok Setelah Melahirkan dan Cara Menyuburkannya yang Tepat

Hindari Menggunakan Sisir Bergigi Sempit

Tips yang pertama adalah dengan hindari menggunakan sisir yang bergigi sempit. Karena sisir yang satu ini dapat menarik dan menekan rambut. Akibatnya rambut mudah patah dan akhirnya rontok. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Sisir jenis ini justru dapat merawat keindahan rambut serta dapat membuat rambut tampak bervolume.

Baca juga penyebab rambut rontok pada wanita

Gunakan Shampo dan Konditioner yang Berkualitas

Yang kedua adalah dengan mengguakan shampo dan konditioner yang berkualitas. Meskipun dari segi harga tidak menjamin bahwa shampo tersebut dapat mencegah kerontokan, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah pastikan shampo dan konditioner yang digunakan sesuai dengan jenis rambut. Tips yang satu ini tentu saja dapat membuat Anda lebih mudah dalam merawat mahkota Anda.

Mencoba Gaya Rambut yang Berbeda

Setelah melahirkan, tak ada salahnya jika Anda mencoba gaya rambut yang berbeda. Seperti yang kita ketahui, seorang wanita yang memiliki rambut panjang cenderung berisiko mengalami kerontokan rambut jika dibandingkan dengan seorang wanita yang berambut pendek.

Nah bagi Anda yang berambut panjang, tak ada salahnya untuk mencoba model rambut pendek yang sesuai dengan karakter Anda. jika rambut memang sudah pendek Anda bisa merapikannya saja. Penampilan baru yang satu ini tentu saja dapat membuat Anda lebih fresh dan segar.

Hal di atas merupakan tips mencegah rambut rontok yang dapat Anda lakukan. Kali ini akan membahas mengenai cara menyuburkan rambut setelah melahirkan. Untuk menyuburkan rambut, Anda membutuhkan nutrisi dan gizi seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Konsumsi Makanan yang Mengandung BiotinTips Mencegah Rambut Rontok dan Cara Menyuburkan Rambut Setelah Melahirkan

Yang pertama adalah konsumsi makanan yang mengandung biotin atau B7. Selain dapat membantu dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi, manfaat biotin yang paling utama adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut seperti rambut rontok, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang kaya biotin.

Beberapa makanan kaya biotin yang dapat dikonsumsi antara lain kacang kedelai, wortel, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran hijau, roti gandum, telur ayam, susu sapi, ikan salmon dan masih banyak lagi.

Konsumsi Makanan kaya Vitamin B6

Selain mengonsumsi makanan kaya biotin atau vitamin B7, Anda juga harus memenuhi asupan vitamin B6 atau piridoksin. Saat hamil vitamin B6  sangat bermanfaat untuk perkembangan janin. Selain itu, vitamin ini juga dapat memaksimalkan perkembangan otak serta mencegah penyakit jantung. Tak hanya itu saja, vitamin B6 juga dapat menjaga kesehatan rambut.

Makanan kaya vitamin B6 yang dapat Anda konsumsi antara lain buah alpukat, buah pisang, buah  tomat, melon semangka dan sayuran hijau.

Makanan Kaya Zinc

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zinc. Nutrisi ini bermanfaat untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir, mempercepat proses penyembuhan luka serta sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Sumber zinc yang dapat dikonsumsi antara lain daging, makanan laut, produk susu dan biji-bijian.

Baca juga vitamin untuk rambut rontok

Demikianlah ulasan mengenai tips mencegah rambut rontok dan cara menyuburkan rambut setelah melahirkan.

Tags:menyuburkan rambut pasca bersalin