Tips Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Seseorang yang sedang mengandung atau hamil tentunya harus benar-benar memperhatikan masalah kesehatan. Karena jika masalah kesehatan diabaikan, ini akan berakibat fatal bagi keadaan ibu dan calon bayi. Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang ibu hamil adalah anemia. Apakah anemia itu? Anemia merupakan suatu kondisi di mana seseorang yang sel darah merahnya kurang dari rata-rata. Atau biasanya juga disebut dengan penyakit kurang darah.

Bagi ibu hamil sendiri tentunya hal ini sangat mengganggu. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara mengatasi anemia salah satunya yaitu mengonsumsi buah dan juga sayur. Selain itu apa saja? selengkapnya Anda bisa membaca artikel tips mengatasi anemia pada ibu hamil berikut ini

Tips-Mengatasi-Morning-Sickness-Selama-Masa-Kehamilan

Tips mengatasi anemia pada ibu hamil

Berkonsultasi kepada dokter

Untuk mendapatkan buah hati dan tubuh yang sehat langkah yang pertama adalah berkonsultasi kepada dokter secara rutin. Pemeriksaan secara berkala dapat membantu Anda untuk mengetahui bagiamana keadaan tubuh Anda dan bayi Anda. Hal ini  pastinya juga akan mencegah beberapa gangguan kesehatan yang lainnya yang mungkin akan menyerang Anda.

Lakukan pemeriksaan darah secara rutin

Selain berkonsultasi kepada dokter, jangan lupa Anda juga harus memeriksa kadar hemoglobin yang ada. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada sel darah merah yang rendah atau tidak. Jika iya, mintalah kepada dokter  memberikan resep untuk menaikkan kadar hemoglobin baik berupa suplemen maupun lewat makanan yang Anda konsumsi.

Konsumsi makanan mengandung zat besi

Setelah melakukan kedua cara di atas, Anda bisa mengimbanginya dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi sangat baik untuk menaikkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Anda dapat menemukan makanan yang mengandung zat besi pada kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur dan juga daging unggas.

Konsumsi vitamin C

Vitamin C pada buah dan  seperti  jeruk, anggur, stroberi dan juga brokoli juga harus Anda konsumsi secara teratur. Karena selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk menyerap zat besi dengan sempurna.

Sekarang sudah tahu kan apa saja tips mengatasi anemia pada ibu hamil? Selain melakukan hal tersebut sebaiknya Anda juga harus memperbaiki pola makan Anda dan memiliki olahraga yang tepat bagi ibu hamil seperti berenang, jalan kaki dan juga jogging. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda :)

Baca juga artikel lainnya makanan yang harus dihindari selama hamil.

loading...