Tips Mengatasi Flu Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Flu memang sebuah penyakit yang secara umum dapat dialami oleh siapa saja, apalagi denga cuasa yang sering berubah-ubah seperti sekarang ini membuat kondisi tubuh menurun sehingga tubuh menjadi tidak kebal terhadap penyakit salah satunya adalah penyakit flu. Influenza atau yang sering disebut flu ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA atau Orthomyxoviridae. Biasanya virus ini ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin oleh penderitanya. Selain itu juga bisa ditularkan secara kontak langsung dengan benda yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut.

Tips Mengatasi Flu Secara Alami

Adapun gejala penyakit flu yang bisa Anda rasakan dengan cepat yaitu dalam waktu satu sampai dua hari setelah terinfeksi. Gejala yang pertama kali akan Anda rasakan adalah menggigil, nyeri pada tubuh terutama pada sendi dan tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala dan lain sebagainya. Nah salah satu cara yang paling awal untuk menghidari tertularnya penyakit ini adalah melakukan vaksinasi terhadap influenza. Tapi jika telah tertular virus ini mau tidak mau kita harus menangani dengan cepat jika tidak maka akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan tubuh lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit influenza, salah satunya adalah dengan cara alami. Mengatasi flu secara alami sering menjadi pilhan seseorang karena dengan bahan alami tidak memiliki efek samping.

Berikut Tips Mengatasi Flu Secara Alami

Melakukan Istirahat Total

Kondisi tubuh yang sangat lelah memang sangat mudah sekali terserang virus ini, karena sistem kekebalan tubuh yang melemah. Maka dari itu jika Anda mengalami influenza atau flu sangat disarankan sekali untuk melakukan istirahat total dan behenti melakukan aktivitas yang berat sementara waktu sampai sistem kekebelan tubuh Anda kembali normal dan tubuh Anda kembalii fit.

Mengonsumsi Air Hangat

Selain Anda melakukan istirahat total, Anda juga harus memperhatikan asupan minuman Anda. Dan minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika flu adalah minuman hangat. Mengapa seperti itu? Karena ketika flu banyak cairan dalam tubuh yang hilang terbuang ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengosumsi air hangat dengan tujuan untuk mengganti cairan yang hilang. Selain itu air hangat juga bisa mengurangi masalah hidung tersumbat yang dikarenakan oleh virus RNA atau influenza tersebut.

Mengonsumsi Buah-buahan

Jika kondisi tubuh melemah maka kekebalan tubuh juga akan melemah. Maka dengan begitu sangat dibutuhkan sekali asupan vitamin dan mineral untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh maka sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Adapun jenis buah-buahan tersebut adalah Apel, pepaya, pisang dan jeruk bali.

Nah itulah tips mengatasi flu secara alami. Anda tidak perlu lagi lama-lama membiarkan kondisi Anda semakin memburuk ketika sakit flu. Baca juga artikel tentang Makanan yang perlu dihindari saat batuk.