Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Insomnia adalah penyakit susah tidur ini kerap kali banyak dialami dan mengganggu seseorang secara umum. Untuk jenis penyakit insomnia itu sendiri adalah keadaan susah untuk tidur, bangun terlalu pagi atau awal, dan sering terbangun di malam hari. Maka  tidak heran jika masyarakat menganggap bahwa penyakit insomnia adalah siksaan di waktu malam hari bagi setiap orang yang mengalaminya. Dengan begitu mereka banyak melakukan cara untuk mengatasi dengan mengonsumsi obat tidur supaya mereka dapat merasakan ketenangan tidur di malam hari.

insomnia
Mengenai gejala insomnia itu sendiri ditandai banyak gejala seperti sesak nafas, perasaan cemas, sering buang air kecil dan sering menahan rasa sakit. Selain itu insomnia juga bisa menyebabkan Anda menjadi kekurangan darah atau anemia. Baca juga cara mengatasi anemia. Oleh karena itu bagi Anda yang mungkin saat ini  sedang mengalami gejala seperti di atas maka segeralah untuk mencari solusinya. Jika tidak insomnia dapat mempengaruhi sistem kerja otak Anda yang tidak bisa kerja secara efektif, tapi Anda jangan khawatir karena berikut ini akan saya sajikan tips mengatasi insomnia secara alami. Maka jangan pernah menggunakan obat tidur secara berlebihan sebagai solusi mengatasi masalah insomnia karena itu akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Lebih baik lakukanlah seperti di bawah ini tips  mengatasi insomnia secara alami yang kebanyakan dokter menyarankan untuk dapat dilakukannya.

Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

Mengatur pola tidur
Jika Anda yang sering melakukan tidur pada siang hari, sebaiknya cara itu jangan terlalu sering dilakukan, karena dapat berpengaruh dengan pola tidur alami Anda yaitu pada malam hari. Cobalah tetap lakukan cara pola tidur alami Anda, dengan seperti itu Anda tidak akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Berolahraga secara teratur
Para penelian menyebutkan bahwa dengan olahraga yang teratur dapat mengatasi masalah insomnia. Karena  olahraga yang baik mampu melawan rasa stres yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit insomnia. Jika Anda dapat melakukan olahraga secara baik yaitu pada pagi hari dan bukan menjelang akan tidur maka Anda akan terhindar dari masalah insomnia.

Kurangi mengonsumsi minuman stimulan
Jika tidak terbiasa mengonsumsi minuman seperti teh, kopi, alkohol dan rokok pada malam hari  maka jangan lakukan cara tersebut karena itu dapat membuat Anda sangat susah tidur. Sebaiknya minumlah kopi pada pagi dan siang hari kerena kopi juga bermanfaat bagi kesehatan jika waktu dan porsinya sesuai dengan kebutuhan.

Konsultasi ke dokter
Jika cara di atas sudah Anda lakukan namun tetap saja Anda merasa susah tidur maka lakukan konsultasi kepada dokter. Karena takutnya jika terjadi penyakit yang lain seperti jantung, pernapasan ataupun  tekanan darah tinggi dengan gejala yang ditandai seperti sulit tidur.

Itulah beberapa tips mengatasi insomnia secara alami. Oleh sebab itu perlunya Anda juga dapat menjaga pola tidur dan memiliki prinsip bahwa tidur adalah sesuatu yang penting. Maka dengan seperti itu resiko terkena gangguan insomnia sangatlah minim. Sekian dan semoga bermanfaat!