Tips Mengatasi Kurang Nafsu Makan Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Tips Mengatasi Kurang Nafsu Makan Pada Anak– Pada saat anak susah sekali untuk makan, tentu saja hal itu akan membuat bunda merasa bingung. Itulah salah satu yang banyak dikeluhkan oleh para bunda di luar sana, mungkin bisa jadi Anda juga. Maka untuk menanganinya banyak cara yang dilakukan namun seolah-olah cara yang dilakukan tidak mempan atau tidak berhasil sama sekali. Dengan begitu tidak jarang para bunda merasa sangat stress dan tertekan dengan kondisi tersebut.
anak-susah-makan
Asupan makanan untuk sang buah hati sangatlah penting ketika sang buah hati masih dalam masa pertumbuhan pada usia 1 s/d 5 tahun. Hal itu dikarenakan dapat membantu pemenuhan gizi dan vitamin yang dibutuhkan dalam tubuh sang buah hati. Selain itu dengan terpenuhinya asupan makanan pada sang buah hati akan membuat sistem kekebalan tubuh anak akan selalu terjaga, maka dengan begitu anak tidak akan mudah terserang penykit. Namun sebaliknya jika anak sulit untuk makan maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh dengan pertumbuhan dan kesehatan anak itu sendiri. Baca juga artikel ini manfaat coklat hitam bagi kesehatan

Terkait dengan anak susah makan terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya sebagai berikut :

  • Faktor fisik, ketika anak susah makan bisa jadi terdapat gangguan terhadap organ pencernaan. Selain itu terdapat infeksi dalam tubuh anak yang mungkin belum terdeteksi, oleh karena itu sangat dianjurkan ketika anak susah makan agar segera diperiksakan ke dokter karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan seperti itu.
  • Faktor psikis yakni hal ini tentunya sangat berkaitan dengan psikologis anak misalnya ketika anak sedang merasa cemas, moud anak sedang tidak enak, merasa tertekan atau terpaksa dan masih banyak lagi.

Nah itulah faktor yang dapat membuat nafsu makan anak menjadi berkurang. Maka oleh karena itu saya akan memberikan solusinya dengan artikel yang akan saya ulas berikut ini yaitu tips mengatasiĀ  kurang nafsu makan pada anak. Adapun lebih jelasnya maka langsung saja simak ulasan berikut ini !

Tips mengatasi kurang nafsu makan pada anak

Buatlah suasana makan menyenangkan
Kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan bunda kepada anaknya agar mau makan adalah dengan cara menakut-nakuti, menghukum hingga mengancam dengan tujuan agar anak makan dengan banyak. Hal ini justru akan membuat anak merasa saat makan merupakan hal yang tidak menyenangkan, maka sebaiknya lakukan dengan cara mengajak bermain anak sambil makan dengan begitu anak akan merasa nyaman dan nafsu makannya pun akan bertambah.

Sajikan dengan menarik
Agar dapat membuat anak semakin bersemangat untuk makan, buatlah tampilan makanan semenarik mungkin . Misalnya bentuk makanan sesuai dengan karakter kartun yang buah hati sukai seperti micky mouse, teddy bear dan masih banyak lagi lainnya.

Libatkan anak dalam mempersiapkan makanan
Dengan melibatkan anak dalam mensajikan makanan tentu saja akan membuat keinginan anak untuk makan semakin bertambah, karena dalam diri anak akan merasa penasaran dengan hasil sajian makanan yang mereka sajikan sendiri.

Nah itulah tips mengatasi kurang nafsu makan pada anakĀ  selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel terkait lainnya Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

loading...