Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

By Categories : Kesehatan

Mual, muntah atau morning sickness merupakan gejala yang paling umum dialami bagi ibu hamil. Namun bukan berarti Anda harus membiarkannya. Jika diabaikan hal ini tentunya sangat mengganggu. Mual dan muntah yang Anda alami akan mempengaruhi perkembangan janin dan juga kesehatan Anda karena setiap Anda makanan yang Anda makan tidak akan sampai pada janin Anda. Baca juga manfaat musik klasik bagi ibu hamil dan calon bayi.

Mengatasi Mual Saat Hamil Pada Pagi Hari

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tips mengatasi mual saat hamil. Selamat membaca :)

Istirahat teratur

Untuk mengatasi mual saat hamil yang pertama adalah dengan cara istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu Anda untuk mengatasi morning sickness. Karena istirahat yang cukup dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks sehingga ini akan meminimalisir gejolak hormon yang dapat membuat Anda mual dan juga muntah. Selain istirahat teratur, Anda juga harus menghindari stres untuk mengatasi hal tersebut.

Hindari makanan berlemak dan pedas

Morning sickness biasanya akan terjadi pada pagi hingga siang hari. Namun jika Anda sudah merasa baik di siang hari, Anda juga harus tetap mengontrol makanan yang Anda konsumsi. Tahukah Anda makanan pedas dan berlemak dapat memicu terjadinya morning sickness? Selain itu, makanan pedas dan berlemak juga dapat mengganggu pencernaan Anda. Jika Anda penyuka pedas, Anda harus mengurangi makanan tersebut. Baca juga makanan yang harus dihindari selama hamil.

Minum susu hamil

Tips selanjutnya adalah dengan cara minum susu hamil. Susu hamil, dapat menghilangkan rasa eneg dan juga mual. Saat ini sudah banyak varian rasa dari susu untuk ibu hamil itu sendiri. Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam susu tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa mual yang berlebih.

Mengonsumsi makanan sehat

Agar nutrisi terpenuhi sebaiknya nda mengonsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang cepat saji dan juga instan. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, serat , protein dan juga mineral yang tinggi. Dan hindari makanan dan minuman yang menagndung kafein. Karena kafein sudah terbukti memiliki efek buruk bagi kehamilan. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan asam di dalam perut Anda, akibatnya ini akan memperparah mual Anda.

Nah tulah beberapa tips mengatasi mual saat hamil. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak aktivitas fisik namun jangan terlalu berat. Karena aktivitas fisik yang Anda lakukan dapat memperlancar metabolisme tubuh dan agar tidak dehidrasi Anda harus mengonsumsi air putih secara teratur setiap harinya. Semoga bermanfaat :)