Tips Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Sakit mata atau conjuctivitis merupakan salah satu gangguan pada alat indra penglihatan yang terjadi akibat infeksi atau peradangan pada selaput mata. Hal ini tentunya sangat mengganggu para penderitanya. Biasanya seseorang yang yang terkena penyakit ini akan memiliki gejala seperti mata merah, berair, perih hingga bengkak. Ada beberapa jenis dan penyebab sakit mata. Salah satunya yaitu :

  • Konjungtivitis bakteri, yaitu sakit mata yang disebabkan karena infeksi bakteri dan juga virus. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya belek pada sekitar mata dan sangat mudah sekali untuk menular.
  • Konjungtivitis alergi, penyakit ini biasanya disebabkan karena debu ataupun bulu binatang. Berbeda dengan konjungtivitis bakteri dan virus, konjungtivitis alergi tidaklah menular. Biasanya ditandai dengan gatal pada mata, hidung tersumbat hingga bersin-bersin.
  • Konjungtivitis karena iritasi, selain sakit mata karena bakteri dan juga alergi, ada juga sakit mata yang disebabkan kerena iritasi. Penyakit ini disebabkan karena kelilipan benda asing atau kena percikan bahan kimia. Sakit mata yang satu ini tidak menular pada setiap orang. biasanya penyakit ini ditandai mata berair. Namun Anda jangan khawatir, konjungtivitis karena iritasi dapat sembuh dengan sendirinya sekitar 1 hingga 2 hari.

Tips Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Berikut Tips Mengatasi Sakit Mata yang Perlu Anda Ketahui

Bersihkan Mata Secara Rutin

Tips mengatasi sakit mata yang pertama adalah dengan cara membersihkan mata secara rutin. Pada saat sakit mata tentunya ada debu, virus dan bakteri yang menyerang mata Anda. Untuk mengatasinya, sebaiknya cucilah mata Anda dengan air mengalir. Hal ini bertujuan agar bakteri yang ada pada mata dapat hilang hingga bersih. Hindari menyentuh, menggosok hingga mengucek mata. Karena hal ini dapat membuat mata Anda semakin terluka akibat gosokan tersebut.

Bawang Putih

Untuk meminimalisir efek samping saat mengggunakan obat tetes mata, Anda dapat memanfaatkan bahan alami seperti bawang putih. Untuk menggunakannya sangat mudah, yaitu basuhlah mata Anda dengan menggunakan air hingga mata terbebas dari kotoran. Ambilah satu siung bawang putih dan potong sisi ujung sedikit. Setelah itu, gosokkan bawang putih tersebut pada bagian bawah mata (sama seperti menggunakan eyeliner). Diamkan beberapa saat hingga mata terasa perih. Ulangi pengobatan tersebut hingga beberapa kali. Waktu terbaik untun melakukan hal tersebut adalah sebelum Anda tidur.

Daun Sirih

Tips mengatasi sakit mata yang terakhir selain menggunakan bawang putih, Anda juga dapat menggunakan daun sirih. Caranya yaitu ambilah beberapa daun sirih kemudian rebus hingga mendidih. Angkat dan diamkan hingga hangat. Setelah itu, Anda dapat menggunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan mata Anda. Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk menyembuhkan dan mencegah terjadinya sakit mata.

Nah itulah beberapa tips mengatasi sakit mata. Jika cara di atas tidak berhasil untuk menyembuhkan mata Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan penangangan yang lebih lanjut. Baca juga Cara melindungi mata dari radiasi komputer. 

loading...