Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Tenggorokan merupakan bagian dalam tubuh yang terdiri dari selaput otot yang dinamakan epiglottis yang memiliki fungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk pada area pernapasan. Maka dari itu ketika tenggorokan mengalami masalah seperti terasa gatal tentu saja hal tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika tenggorokan gatal tidak menutup kemungkinan juga disertai batuk. Batuk itu sendiri sebenarnya bukanlah suatu penyakit, namun yang lebih jelasnya adalah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala atau penyakit atau iritasi dalam tenggorokan. Oleh karena itu batuk memiliki keterkaitannya dengan tenggorokan gatal.

Selain itu, dalam tenggorokan terdapat selaput lendir yang terdiri dari beberapa saraf yang berfungsi untuk melindungi ujung-ujung saraf dinding pada bagian tenggorokan. Namun ketika kelenjar tersebut tidak menghasilkan lendir maka akan membuat tenggorokan terasa sangat gatal. Sebelum kita membahas tips mengatasi tenggorokan gatal secara alami, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui penyebab rasa gatal tersebut dengan tujuan dalam penanganannya akan lebih cepat sesuai dengan sasaran. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Disebabkan karena alergi yang berasal dari lingkungan sekitar yang kurang bersih.
  • Sedang mengalami sakit flu dan batuk.
  • Terdapat infeksi pada saluran pernapasan.
  • Asam lambung meningkat .
  • Karena terkena iritasi yang disebabkan oleh debu dan udara kering.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat tenggorokan terasa sangat gatal. Selain itu kondisi tersebut juga disertai di mana keadaan tersebut membuat penderita sulit bernapas dan jika dibiarkan begitu saja, tanpa ditangani secara cepat tentu akan membuat kondisi semakin memburuk. Oleh karena itu berikut ini akan dijelasakan sedikit mengenai tips mengatasi tenggorokan kering dan gatal secara alami.

Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal

Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal Tanpa Obat

Minum Air Hangat

Langkah yang pertama yang harus dilakukan ketika tenggorokan teras gatal adalah menggunakan air hangat untuk Anda minum. Karena air hangat tersebut bisa meredakan dan meringankan rasa gatal pada tenggorokan.

Minum Teh

Selain menggunakan air hangat untuk meradakan tenggorokan gatal, Anda juga bisa menggunakan air teh. Untuk teh yang sangat efektif sekali untuk mengatasi masalah ini adalah teh hijau atau chamomile. Sebaiknya minum setiap hari supaya mempercepat tahap penyembuhan dan tenggorokan tidak teras gatal lagi.

Madu

Manfaat madu selain untuk kecantikan juga dipercaya dapat melegakan tenggorokan yang gatal. Selain rasanya yang sweet atau manis madu juga memiliki manfaat untuk meredakan tenggorokan yang gatal. Caranya hanya dengan mencampurkan madu kedalam satu gelas air hangat lalu minum setiap hari, alangklah baiknya ketika meminumnya pada saat tenggorokan terasa gatal.

Berkumur dengan air garam

Tak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja, garam juga memiliki khasiat yang ampuh untuk meredakan tenggorokan gatal. Hal ini dikarenakan garam mengandung sifat antibiotik yang dapat membantu mengurangi lendir penyebab dara gatal. Caranya pun sangat mudah, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, aduk hingga rata lalu kumur-kumur selama 10 detik. Selain berkumur dengan air garam, sebaiknya Anda pun menghindari makanan penyebab sakit tenggorokan.

Teh madu, lemon dan jahe

Tips Mengatasi tenggorokan gatal selanjutnya adalah dengan cara membuat campuran antara teh madu, lemon, dan juga jahe. Caranya, tuangkan beberapa sendok madu dalam cangkir, masukkan air panas secukupnya lalu tambahkan perasan air jeruk lemon dan masukkan parutan jahe. Aduk hingga rata lalu minumlah ramuan ini secara rutin hingga gatal pada tenggorokan berkurang.

Minum air putih

Berikutnya adalah dengan cara minum air putih secara teratur. Seperti yang Anda ketahui, dehidrasi atau kurang minum air putih merupakan salah satu penyebab dari tenggorokan gatal dan kering. Oleh karena itu, mulailah mencukupi kebutuhan air setidaknya 8 gelas dalam setiap harinya.

Hindari berbicara terlalu keras

Berbicara terlalu keras, berteriak ataupun bernyanyi berlebihan juga dapat menyebabkan dehidrasi serta rasa gatal pada tenggorokan. Jika hal tersebut merupakan salah satu hal penyebab gatal tenggorokan, maka sebaiknya Anda menghindari hal tersebut. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk banyak bicara, pastikan Anda selalu minum  air putih agar tenggorokan tetap terhidrasi.

Minumlah cuka apel

Sejak zaman dahulu cuka apel memang sudah dipercaya sebagai pengobatan tradisional dan memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat sari cuka apel adalah untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Caranya, tambahkan satu sendok makan cuka apel ke dalam 250 ml air panas. Agar rasanya lebih nikmat Anda pun dapat menambahkan perasan jeruk nipis serta madu.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips mengatasi tenggorokan gatal. Maka dengan begitu Anda tidak perlu risau atau stress lagi ketika menghadapi masalah tenggorokan gatal.

Baca juga artikel terkait mengenai Makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan.

loading...