Tips Menghilangkan Kapalan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Kapalan atau bahasa dokternya disebut dengan Callus merupakan penebalan dan pengerasan yang terjadi pada kulit. Biasanya kapalan ini sering terjadi pada area telapak tangan dan kaki, hal itu dikarenakan oleh respon pertahanan kulit terhadap gesekan dan tekanan yang terjadi secara terus menerus.

Kapalan sebenarnya tidak berbahaya namun pada suatu ketika kapalan juga dapat menimbulkan rasa sakit dan tentunya juga sangat menggangu penampilan, sehingga banyak orang yang berusaha mencari tips menghilangkan kapalan. Cara menghilangkan kapalan sebenarnya sangat mudah, hanya cukup dengan mengurangi gesekan dan tekanan yang sebelumnya terjadi. Dengan begitu kapalan lambat laun akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu melakukan perawatan atau penggunaan obat untuk menghilangkan kapal tersebut.

Tips Menghilangkan Kapalan

Namun perlu Anda ketahui bagi orang yang menderita deabetes melitus atau yang sering disebut dengan kecing manis, jangan pernah berusaha untuk menghilangkan kapal dengan cara mengosok dengan alat penghilang kapal. Karena hal itu justru akan membahayakan terjadinya komplikasi yang dapat menimbulkan luka. Untuk menghilangkan kapalan tersebut harus sesuai rekomendasi dari dokter.

Nah, berikut ini terdapat tips menghilangkan kapalan secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Langsung saja simak ulasan berikut ini!

Tips Menghilangkan Kapalan yang Bisa Anda Coba

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara merendam bagian yang kapalan entah itu telapak tangan ataupun kaki kedalam air hangat sekitar 20 menit. Untuk hasil lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan sedikut garam ke dalam air hangat tersebut.
  • Setelah itu Anda bisa langsung menggosok kulit yang kapalan secara perlahan dengan menggunakan batu apung. Hal ini bertujuan agar kapalan dapat terkikis dengan mudah.
  • Untuk hasil yang maksimal Anda juga bisa mengoleskan pada kulit yang kapalan dengan cairan yang mengandung asam salisilat (Callusol). Namun perlu Anda perhatikan dalam penggunaan cairan ini hanya untuk kullit yang kapalan saja, jika sampai mengenai kulit yang normal bisa menimbulkan rasa yang panas dan terbakar.
  • Jangan sekali-kali Anda menggunting kapalan sendiri dengan mengunakan alat tajam seperti pisau, guntung, dan lain-lain Karena jika alat tersebut tidak dalam kondisi steril akan menimbulkan infeksi pada kulit Anda khsusnya pada penderita diabetes.
  • Lakukan cara tersebut setiap hari tiap pagi dan sore hari dan tunggu hasilnya setelah satu minggu setelah Anda melakukannya.

Tips Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Bawang Putih dan Cuka

Cara mengobati kapalan dengan bahan alami yang pertama adalah dengan cara memanfaatkan bawang putih dan cuka. Kandungan antibiotik alami pada bawang putih serta zat baik dalam cuka sangat ampuh untuk mengatasi kapalan. Caranya, campurkan kedua bahan alami tersebut pada suatu wadah setelah itu oleskan cairan tersebut pada bagian yang terkena kapalan  sebelum tidue sampai kapalan dapat terkikis secara perlahan-lahan.

Baking soda

Manfaat baking soda umumnya berguna untuk membuat kue. Akan tetapi kandungan senyawa baik dalam baking soda juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu berguna untuk mengatasi kapalan. Caranya larutkan baking soda dengan menggunakan air hangat lali rendam kaki dalam cairan tersebut hingga 15 menit. Setelah itu, Anda bisa menggunakan batu apung untuk mengikis kapalan tersebut.

Cengkeh dan lemon

Kombinasi antara cengkeh dan lemon juga dapat digunakan sebagai obat kapalan alami. caranya pun sangat mudah yaitu campur air lemon dengan cengkeh dalam waktu 15 menit lalu keluarkan cengkehnya dan gunakan air lemon yang telah di campur cengkeh tadi dan oleskan pada bagian kaki ataupun tangan yang terkena kapalan. Lakukan hal ini secara teratur hingga kapalan terkikis.

Lemon

Tips menghilangkan kapalan selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Selain menambahkannya dengan cengkeh, Anda pun dapat menggunakan lemon saja untuk mengatasi kapalan. Caranya iris lemon tipis-tipis lalu tempelkan pada kulit yang kapalan. Agar bisa menempel, Anda juga bisa menggunakan plester. Ulangi pemakaian bila diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Kandungan vitamin C pada lemon juga berguna untuk mencerahkan wajah.

Vitamin E atau vitamin A

Selain memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mata, vitamin E dan A juga merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengikis kulit yang terkena kapalan. Oleskan vitamin A atau vitamin E pada kulit yang terkena kapalan lalu tutup dengan menggunakan kaos kaki jika kapalan terjadi di kaki. Biarkan semalaman agar kapalan tersebut lunak dan dapat terkikis dengan mudah.

Itulah beberapa tips menghilangkan kapalan secara alami. Kapalan memang terlihat masalah yang sepele dalam penampilan namun ini sangat mengganggu, maka dari itu Anda patut mencoba cara di atas untuk membantu menghilangkan kapalan pada diri Anda sebagai penunjang penampilan Anda agar terlihat cantik dan tetap percaya diri.

loading...
Tags:Bagaimanakah cara menghilangkan kapalan secara alami, cara cara menghilangkan kapalan pada kaki yang menyebabkan bau, cara mengobati bekas kapalan di kaki yang bau, kapalan di punggung