Tips Meninggikan Badan Dengan Beberapa Pose Yoga

By Categories : Kesehatan

Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan idaman bagi setiap orang baik pria dengan wanita. Karena dengan memiliki berat badan yang ideal tentunya ini akan menunjang penampilan lebih baik lagi. Biasanya seseorang yang ingin memiliki berat badan yang ideal akan melakukan beberapa cara untuk mendapatkannya. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi obat peninggi badan. Hal ini  jika dikonsumsi secara terus-menerus tentunya akan memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Baca juga gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan

Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan cara alami yaitu dengan melakukan yoga. Tahukah Anda ternyata ada beberapa pose yoga yang dapat meninggikan badan? Nah, penasaran kan? Berikut adalah tips meninggikan badan dengan beberapa pose yoga! Yuk simak ulasannya berikut ini!

img_x5v6b

Pose yoga yang dapat meninggikan badan

Sukhasana

Posisi yang pertama adalah sukhasana. Sukhasana sendiri merupakan salah satu posisi dasar dari sekian banyak posisi yoga. Posisi sukhasana bermanfaat untuk mengontrol pernapasan, menghilangkan tekanan pada tulang rawan, meningkatkan kekuatan pinggul. Untuk melakukan posisi ini Anda hanya perlu duduk di lantai dan menyilangkan kaki Anda dan letakkan kaki Anda pada lutut serileks mungkin. Selama melakukan gerakan tersebut fokuslah pada pernapasan dan jaga tulang belakang Anda tetap lurus.

Trikonasana

Pada umumnya gerakan ini merupakan gerakan yang lebih kompleks dibanding dengan sukhasana. Untuk memulai pose trikonasana Anda harus berdiri dengan kaki terbuka dengan jarak 7-10 cm. Setelah itu, putar kaki kiri 90 derajat ke arah kiri dan kaki kanan 45 derajat ke arah kiri. Kemudian angkat tangan dan tariklah napas Anda. Manfaat dari gerakan trikosana sendiri adalah untuk membentuk postur tubuh agar lebih baik, menjaga keseimbangan tubuh dan juga tekanan pada tulang belakang. Selain itu, manfaat dari posisi ini juga akan membuat sendi, menjadi lebih kuat dan meregangkan kaki, tulang belakang dan pinggul agar lebih rileks.

Shavasana

Pose yoga yang selanjutnya adalah shavasana. Pose shavashana juga dikenal dengan pose ‘Corpse Pose’. Untuk melakukan pose ini mulailah untuk membaringkan tubuh di atas tikar lalu regangkan kedua tangan Anda. Kemudian lakukan gerakan kaki yang diputar ke dalam dan ke luar denagn perlahan hinga hitungan ke 5. Setelah itu, lakukan pernapasan perut dan rasakan efek positif dari pose ini. manfaat dari pose ini sendiri adalah untuk mengatasi stres, menurunkan tekanan darah, mengatasi ketegangan otot, menghilangkan rasa cemas dan juga panik.

Cobra

Berikutnya adalah cobra. Fungsi utama dari gerakan yoga yang satu ini adalah untuk membuat tulang belakang lebih lemas sehingga pertumbuhan tulang lebih cepat karena kelenturan tulang belakang. Tak hanya itu saja, manfaat gerakan cobra ini juga berguna untuk mencegah sakit pinggang. Cara melakukan gerakan ini pun tidak sulit, yaitu pertama pastikan Anda dalam posisi tengkurap kemudian perlahan-lahan angkat badan Anda dengan posisi pinggang ke bawah masih menempel pada matras. Lakukan gerakan ini selama 2 hingga 3 menit dalam setiap harinya.

Cat cow

Tips meninggikan badan dengan yoga berikutnya adalah dengan melakukan gerakan cat cow. Sama seperti gerakan yoga, gerakan yoga cat cow pun sangat mudah dilakukan bagi pemula. Caranya posisikan tubuh menungging lalu dongakkan kepalamu ke atas dan ke bawah. Agar hasil lebih maksimal, lakukan masing-masing selama 1 hingga 3 menit dalam setiap harinya.

Alternate leg stretch

Gerakan yoga alternate leg stretch juga merupakan cara paling efektif untuk meninggikan badan. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot-otot kaki. Cara melakukannya pun sangat mudah yaitu lebarkan kedua kaki lalu letakkan telapak tangan pada pergelangan kaki. Setelah itu bungkukkan punggung ke lutut kaki kanan. Tarik napas dan tahan posisi ini selama beberapa detik. Lalu ganti posisi dan bungkukkan punggung Anda ke lutut kaki kiri. Dan lakukanlah gerakan ini secara bergantian.

Chakrasana

Yang terakhir adalah chakrasana. Gerakan yoga chakrasana dapat membuat tulang punggung lebih kuat dan membantu Anda agar tubuh tegak dan tidak bungkuk. Meskipun cukup sulit melakukannya, akan tetapi gerakan chakrasana cukup efektif untuk menambah tinggi badan. Gerakan yoga yang satu ini juga sering disamakan seperti khayang. Caranya, pastikan Anda berbaring di matras lalu perlahan-lahan angkat tubuhmu ke atas. Tahan beberapa menit dan ulangi beberapa kali dalam setiap harinya. Jika Anda masih pemula, tak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada seseorang yang sudah profesional ketika melakukan gerakan ini.

Itulah beberapa tips meninggikan badan dengan beberapa pose yoga. Seperti yang Anda ketahui, selain dapat meninggikan badan yoga juga memiliki manafaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain gerakan tersebut, Anda juga dapat melakukan gerakan yoga lainnya seperti surya namaskar atau dog dan cat.

Baca juga artikel terkait lainnya tips meninggikan  badan secara alami.

loading...
Tags:gerakan yoga untuk menambah tinggi badan, gerakan yoga untuk meninggikan badan, gerakan senam yoga untuk meninggikan badan, yoga untuk meninggikan badan, yoga peninggi badan, yoga meninggikan badan, yoga tinggi badan, Melakukan yoga dengan bentuk kobra, gerakan yoga bagi pemula untuk meninggikan badan, teknik dasar yoga untuk meninggikan badan bagi pemula