Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak

By Categories : Kesehatan

Daya ingat setiap orang memang berbeda-beda, ada yang tinggi dan yang rendah. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui semua itu tidak bisa di kategorikan karena faktor bawaan atau keturunan yang tidak bisa diubah. Melainkan dapat diubah asalkan kita mau berusaha. Hal ini dikarenakan otak merupakan sebuah mesin yang dimiliki oleh manusia yang sangat penting dalam kehidupan. Seperti layaknya mesin motor, jika kita selalu merawat dan memberikan perhatian khusus, tentu saja mesin motor akan tetap bagus dan membuat kondisi motor tetap nyaman ketika dikendarai. Nah begitu pula dengan daya ingat manusia tersebut. Meningkatkan daya ingat sebenarnya tidak sulit, namun hanya saja dibutuhkan pelatihan khusus dan faktor pendukung lainnya seperti asupan makanan.

Meningkatkan Daya Ingat

Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat otak. Karena ingatan manusia juga layaknya seperti organ tubuh lainnya yang membutuhkan pelatihan secara teratur supaya tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya dapat meningkat. Tapi sebelum kita membahas mengenai cara meningkatkan daya ingat otak, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab daya ingat otak menjadi melemah. Adapun penyebab berkurangnya daya ingat sebagai berikut!

Penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Kualitas daya ingat seseorang dari waktu ke waktu memang cenderung akan berkurang. Maka dari itulah dibutuhkan cara meningkatkan daya ingat otak. Berkurangnya daya ingat otak tentu saja tidak lepas dari beberapa faktor diantaranya karena faktor genetik, fisik dan dan penyebab lainnya seperti dibawah ini :

  • Faktor depresi yang berlebihan
  • Adanya penyakit teroid
  • Adanya penyakit diabetes
  • Faktor susah tidur (insomnia)
  • Karena faktor obat-obatan

Nah itulah beberapa faktor penyebab terjadinya penurunan daya ingat seseorang. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan kami sajikan tips meningkatkan daya ingat otak. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Inilah Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Selalu Belajar

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa daya ingat seperti layaknya organ tubuh lainnya yang membutuhkan pelatihan. Salah satu pelatihan untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan selalu belajar. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membaca, melihat informasi di televisi dan internet dan lainnya. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, karena merupakan sumber pendidikan lanjutan untuk otak Anda yang semakin hari semakin menurun.

Melakukan Pelatihan dengan Permainan

Sebenarnya cara ini sama seperti di atas karena memiliki tujuan yang sama untuk melatih otak semakin bagus. Tapi untuk pelatihan ini lebih menenkankan dalam sebuah permainan yang dapat merangsang otak untuk dapat meningkatkan daya ingat. Salah satu contohnya seperti teka-teki, backgammon, catur dan lapin sebagainya.

Mengonsumai Makanan Sehat

Selain melakukan pelatihan, Anda juga harus mendukung asupan makanan yang baik untuk otak. Diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan sebagai berikut: Sayuran hijau, brokoli, susu, coklat, apa gandum, teh hijau dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan daya ingat otak yang harus Anda ketahui.

loading...