Tips Menjaga Kesehatan Mata

By Categories : Kesehatan

Mata merupakan salah satu organ manusia yang berfungsi sebagai indra penglihatan manusia. Dengan adanya mata, kita dapat melihat keindahan dunia dan juga wajah orang-orang.  Mengingat begitu pentingnya peranan mata bagi kehidupan, maka dari itu penting juga bagi kita untuk menjaga dan merawat kesehatan mata kita. Baca juga tips memilih softlens yang aman.

Dari setiap kegiatan yang kita lakukan setiap hari, mata selalu kita gunakan untuk menyelesaikan tugas dan kegiatan kita. Agar tidak mempengaruhi kinerja mata, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatannya. Apa sajanya? Simak ulasannya di bawah ini!

Artikel-Kesehatan-Mata

Tips menjaga kesehatan mata

Batasi penggunaan komputer atau laptop

Tips yang pertama adalah membatasi penggunaan komputer atau laptop. Jika memang pekerjaan Anda diharuskan untuk menggunakan komputer, sebaiknya luangkan waktu 30 sampai 1 jam untuk mengistirahatkan mata. Untuk menjaga kelembaban mata, Anda bisa mengedipkan atau mengalihkan pandangan mata ke luar ruangan.

Mengonsumi makanan yang baik bagi mata

Untuk meningkatkan kinerja mata, Anda dapat mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan mata seperti brokoli, wortel, telur, minyak ikan dan juga sayur serta buah. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi bayam, selada, kangkung di mana dalam sayuran tersebut  terdapat lutein yang merupakan  antioksidan yang  dapat mencegah mata terjadi kerusakan.

Istirahat cukup

Jika mata Anda seharian telah memandang komputer, maka pada malam hari usahakan tidur dengan cukup. Ini karena mata juga memerlukan istirahat seperti anggota tubuh yang lainnya. Usahakan tidur 8 jam sehari. Sebaiknya, matikan lampu kamar jika akan tidur. Karena kondisi yang gelap akan membuat mata menjadi rileks dan segar saat bangun tidur.

Periksakan secara rutin

Memeriksakan mata secara rutin adalah hal yang paling penting dilakukan oleh setiap orang. Hal ini sangat berguna untuk mendeteksi gangguan mata sedini mungkin. Ini karena kondisi mata yang selalu berbeda-beda sehingga mulailah untuk memeriksakan mata secara rutin minimal setiap satu tahun sekali.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata. Sebaiknya, hindari begadang, meroko dan membaca atau melihat dengan objek terlalu dekat. Karena hal tersebut dapat merusak kesehatan mata. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel terkait manfaat buah alpukat bagi kesehatan.

loading...