Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

By Categories : Kesehatan

Mata menjadi salah satu organ paling penting pada tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya, mengingat mata berfungsi untuk melihat. Sebagai organ penglihatan, berbagai masalah dapat menghampiri siapa saja bagi mereka yang kurang memperhatikan kesehatan pada mata. Untuk menjaga kesehatan mata tidak hanya mengonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin A saja, melainkan juga pola hidup.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Terlebih jika Anda sering bermain gadget ataupun berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu ada baiknya jika kesehatan mata diperhatikan pada saat berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

  • Mengurangi Kecerahan Layar pada Komputer

Tips menjaga kesehatan mata di depan komputer yang pertama adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar komputer. Hal ini sangat penting sekali diperhatikan. Dalam waktu lama ketika berhadapan dengan komputer yang menggunakan cahaya terlalu terang dapat menyebabkan mata mudah lelah, dan dapat berakibat menjadi minus jika terus terusan terjadi. Untuk itu sangat diperlukan jika mengurangi intensitas cahaya tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

  • Menggunakan dan Memasang Filter pada Monitor

Tips menjaga kesehatan mata yang kedua ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu lama adalah dengan menggunakan atau memasang filter pelindung layar pada komputer. Filter sangat berguna untuk mengurangi intensitas cahaya yang berlebihan, dan secara tidak langsung akan mengurangi radiasi yang diakibatkan komputer pada mata. Cara melindungi mata dari radiasi komputer ini sangat efektif bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di depan komputer.

  • Gunakan Kacamata Terapi

Bila Anda terlalu sering duduk di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat menggunakan kacamata terapi yang berfungsi untuk melindungi mata. Selain dengan cara di atas alternatif lainnya juga bisa menggunakan kacamata khusus untuk digunakan ketika berada di depan komputer.

  • Gunakan Font yang Cukup Besar

Font cukup besar juga akan mempengaruhi kinerja mata. Jika ukuran font yang Anda gunakan terlalu kecil maka dapat menyebabkan mata bekerja lebih keras untuk melihat font tersebut. Oleh sebab itu gunakan ukuran font yang lebih besar, dan jangan terlalu kecil untuk meringankan kinerja mata agar tidak terlalu berat saat bekerja.

  • Jangan Lupa untuk Berkedip

Cara selanjutnya adalah jangan lupa untuk berkedip. Berkedip sangat diperlukan untuk merelaksasikan otot pada mata agar tidak terlalu tegang ketika berada di depan komputer selama berjam-jam. Selain berkedip, Anda juga perlu jalan-jalan di sekitar ruangan kantor bagi Anda yang bekerja agar tubuh tidak terasa kaku dan mata lebih releks.

  • Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin A

Tips menjaga kesehatan mata di depan komputer berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Untuk hal ini sangat mendukung sekali dalam menjaga kesehaan mata, terlebih lagi jika mata bekerja berada di depan layar dalam jangka waktu lama. Salah satu sayuran yang mengandung vitamin A tinggi adalah wortel.

loading...
Tags:batas lama mata di depan komputer, hal hal yang perlu diperhatikan untujcmengurangi keluhan mata saat di depan komputer, hal untuk mengurangi keluhan pada mata didepan monitir, mata berkedip depan computer