Tips Menjaga Kesehatan Payudara

By Categories : Kesehatan

Bagi setiap wanita, menjaga payudara adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar setiap wanita terhindar dari penyakit kanker payudara. Mengingat fungsi utama dari payudara adalah memberikan nutrisi dalam bentuk cairan susu bagi bayi dan juga balita. Sebenarnya, menjaga payudara adalah hal yang mudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang.

menjaga-kesehatan-payudara

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan wanita dalam menjaga payudaranya, seperti rajin berolahraga, memperhatikan jenis bra dan juga pemeriksaan terhadap diri sendiri secara rutin. Selain itu, masih banyak lagi tentang tips menjaga kesehatan payudara. Penasaran kan apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya. Selamat membaca :)

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Berolahraga

Tips yang pertama adalah dengan cara berolahraga. Tahukah Anda, seseorang yang rutin berolahraga akan dapat mengurangi resiko kanker payudara daripada seseorang yang tidak pernah berolahraga sama sekali. Hal ini dikarenakan saat berolahraga esterogen dalam tubuh akan menurun sedangkan seseorang yang tidak pernah berolahraga, esterogen dalam tubuhnya akan meningkat. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.

Menjaga berat badan

Tips yang kedua adalah dengan cara menjaga keseimbangan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan yang ideal beresiko kecil terhadap kanker payudara. Sedangkan seseorang yang memiliki over weight (obesitas) akan memiliki tingkat resiko yang lebih besar. Kenapa? Karena kelebihan lemak dalam tubuh dapat membuat esterogen meningkat. Esterogen akan disimpan dalam jaringan payudara. Sehingga dapat memicu terjadinya kanker payudara. Untuk menghindari hal ini, mulailah untuk menghindari junk food dan makanlah makanan yang sehat.

Mengonsumsi makanan berserat

Tips selanjutnya adalah mengonsumsi makanan berserat. Serat dapat Anda dapatkan pada sayur dan juga buah-buahan. Menurut penelitian, serat yang terkandung pada sayur dan buah tersebut dapat memperkecil resiko terkena kanker payudara. Hal ini dikarenakan serat dapat menurunkan esterogen dalam darah dan juga mempengaruhi metabolisme esterogen dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, komponen sulfur yang biasa disebut indoles dalam sayuran juga dapat mengurangi esterogen dalam tubuh.

Sadari (periksa payudara sendiri) secara rutin

Selanjutnya, Anda dapat melakukan sadari secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan pada payudara atau tidak. Idelanya, Anda bisa melakukan sadari setiap satu bulan sekali. Hal ini adalah cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Namun jika Anda tidak yakin hanya dengan melakukan sadari, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Nah, Ladie’s sudah tahu kah apa saja tips menjaga kesehatan payudara. Semoga dengan adanya tips di atas Anda bisa mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan payudara. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel kesehatan lainnya manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

loading...
Tags:bh wanita yang nyaman di pakai