Tips Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

By Categories : Kesehatan

Telinga merupakan salah satu alat panca indra manusia yang wajib dijaga dan dirawat kebersihannya. Telinga memiliki beberapa susunan yang setiap susunannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti fungsi dari daun telinga, daun telinga berfungsi untuk mengarahkan suara ke lubang telinga yang kemudian akan diteruskan ke bagian dalam otak lalu dikirimkan ke otak. Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan telinga? Berikut adalah tips menjaga telinga agar tetap sehat.

Tips Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Telinga Agar Selalu Bersih dan Sehat

Menjaga Kebersihan Telinga

Tips yang pertama adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan telinga secara rutin. Pastikan Anda membersihkan telinga minimal satu minggu sekali, karena membersihkan telinga terlalu sering dapat menyebabkan penyumbatan serta dapat melukai telinga. Untuk membersihkan telinga pilihlah bahan yang lembut seperti cotton buds dan hindari membersihkan telinga dengan cara memasukkan jari ke dalam telinga. Hal ini dapat mengakibatkan infeksi pada telinga karena bakteri dan kuman dapat berpindah ke sana.

Hindari Penggunaan Headset Berlebih

Yang kedua adalah dengan cara menjaga volume suara ke telinga dengan cara menghindari atau mengurangi penggunaan headset yang berlebih. Dampak negatif penggunaan headset dapat menurunkan kinerja telinga, yang lebih parah adalah dapat menyebabkan kerusakan otak dan infeksi telinga.  Namun jika Anda senang mendengarkan musik, Anda dapat mengurangi volume suara musik Anda.

Perawatan Telinga dengan Handuk

Selain menggunakan cotton buds Anda juga dapat merawat telinga Anda dengan menggunakan air. Caranya bersihkan telinga Anda dengan cara membasuhnya dengan menggunakan air. Namun pastikan air tersebut tidak sampai masuk ke dalam telinga. Jika sudah kemudian keringan dengan handuk kering dan lembut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kapas yang sudah dicelupkan minyak kelapa. Perawatan ini dapat membuat telinga Anda menjadi bersih.

Periksakan Telinga Secara Rutin

Tips menjaga telinga agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan cara memeriksakan telinga secara rutin. Memeriksakan secara rutin ke klinik dokter spesialis THT bertujuan untuk mencegah segala penyakit telinga secara dini. Selain itu, dokter THT juga dapat membantu Anda untuk membersihkan telinga dari kotoran, dan pastinya hal ini sangat aman untuk dilakukan. Karena dokter THT memiliki peralatan dan perlengkapan medis yang dapat mengatasi masalah telinga Anda.

Bersihkan Ttelinga Bagian Luar

Pada umumnya telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara alami dengan cara mendorong halus kotoran ke luar telinga itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkanlah telinga bagian luar saja. Karena membersihkan telinga dengan cara mengorek hingga ke rongga telinga memiliki resiko untuk memasukkan kotoran ke dalam telinga kembali.

Demikianlah ulasan tentang tips menjaga telinga agar tetap sehat. Dan sebaiknya hindarilah berbagai macam suara bising yang dapat menggaggu kesehatan telinga Anda. Baca juga artikel mengenai Tanda-tanda pembuluh darah tersumbat

loading...