Tips Menurukan Tekanan Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Jika kemarin kita sudah membahas tentang makanan untuk menambah tekanan darah. Hari ini saya akan menjelaskan tentang tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah yang ada pada arteri meningkat. Sehingga, hal ini menyebabkan jantung harus bekerja keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika hal ini tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kronis seperti gagal jantung, stroke dan juga gagal ginjal.

pusing-saat-naik-pesawat-sakit-kepala-jenis-baru

Hipertensi biasanya  memiliki gejala seperti sakit kepala, gangguan telinga dan juga pingsan. Sedangkan penyebab penyakit ini adalah obesitas, merokok  dan juga berbagai macam gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus mengubah dan mengontrol pola makan sehingga dapat menstabilkan tekanan darah pada tubuh Anda.  Di bawah ini adalah tips yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh Anda.

Tips menurukan tekanan darah tinggi

Mengurangi berat badan yang berlebih

Tips yang pertama adalah dengan cara mengurangi berat badan yang berlebih.  Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya Anda harus bekerja keras untuk menurunkannya. Berat badan yang berlebih akan membuat jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lingkar pinggang Anda. Jika ada lemak yang berlebih, ini akan meningkatkan resiko terkena hipertensi.

Mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi garam

Untuk mengurangi tekanan darah pada tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti, susu rendah lemak, serta buah dan sayur. Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus mengurangi makanan yang mengandung garam. Ini karena garam dapat meningkatkan tekanan darah pada arteri. Sehingga ini menyebabkan tekanan darah Anda tak kunjung stabil.

Stop merokok

Seperti yang Anda ketahui merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya yaitu hipertensi. Hal ini disebabkan karena kandungan nikotin yang ada dalam rokok dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg bahkan lebih. Sehingga merokok setiap hari sudah pasti akan membuat tekanan darah semakin tinggi. Mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. karena selain hipertensi, Anda juga akan mengalami gangguan kesehatan yang lain seperti penyakit jantung dan paru-paru.

Berolahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan bagi setiap orang baik anak-anak, dewasa maupun lansia. Mulailah untuk meluangkan waktu setidaknya 30 hingga 60 menit setiap harinya untuk melakukan kegiatan ini. Anda dapat melakukan aktivitas olahraga mulai dari senam areobik, lari, berenang hingga jalan kaki. Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, ini juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya untuk menurunkan tekan darah pada tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja tips menurukan tekanan darah tinggi? Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda dan kesehatan Anda :)

Baca juga artikel terkait cara mengobati ambeien secara alami.

loading...