Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam

By Categories : Kesehatan

Rambut terlihat kering dan kusam menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh wanita. Sebagai wanita rambut merupakan mahkota dan salah satu syarat untuk tampil cantik. Banyak faktor yang menjadi penyebab rambut menjadi kering dan kusam. Melakukan perawatan merupakan cara terbaik untuk mengatasi dan menghindari rambut kering dan kusam. Namun perlu diketahui dalam melakuka perawatan sebaiknya mengetahui tips-tips penting. Apa saja tips tersebut? yuk simak pembahasannya di bawah ini!

tips merawat rambut kering dan kusam

Berikut Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam

Jangan Gunakan Shampo Berlebihan

Tips merawat rambut kering dan kusam yang pertama adalah jangan gunakan shampoo secara berlebih. Bisa jadi inilah yang menjadi penyebab rambut menjadi kusam dan kering. Shampo mengandung bahan kimia, jika digunakan secara berlebih dapat membuat minyak pada rambut akan mnghilang, sehingga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan terlihat kusam. Keramas dapat dilakukan 2 sampai 3 kali sehari untuk merangsang kelenjar minya di kepala.

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara alami ini bisa Anda gunakan dan coba untuk merawat rambut kering dan kusam. Nah untuk Anda yang mengalami permasalahan rambut kering dan terlihat kusam, cara alami ini dapat dilakukan 2 kali dalam 1 minggu. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai shampoo alami dengan mendiamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum berkeramas dengan menggunakan shampoo biasa.

Menggunakan Kondisioner Khusus untuk Rambut

Tips merawat rambut kering dan kusam yang ketiga adalah dengan menggunakan kondisioner khusus untuk rambut. Selain menggunakan shampoo, Anda perlu juga menggunakan kondisioner khusus untuk rambut. Direkomendasikan dalam penggunaan kondisioner khusus untuk rambut 1 kali dalam seminggu. Penggunaan kondisioner sebaiknya dilakukan setelah menggunakan shampoo dengan mendiamkan terlebih dahulu selama 7 sampai 10 menit. Perlu diingat bilas dengan menggunakan air bersih, serta pastikan jangan sampai kondisioner terkena kulit kepala.

Menggunakan Lidah Buaya

Berikutnya adalah penggunaan lidah buaya. Lidah buaya terkenal khasiatnya yang bagus untuk menjaga kesuburan rambut kepala. Gel dari lidah buaya tidak mengandung alkohol, sehingga dapat membantu dengan cepat untuk memperbaiki rambut. Selain menggunakan gel lidah buaya secara langsung, Anda juga dapat menggunakan gel yang mengandung aloe vera di toko resmi kecantikan.

Kurangi Penggunaan Hairdryer

Yang kelima adalah dengan mengurangi penggunaan hairdryer. Pengeringan menggunakan rambut secara dipanaskan justru dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi kering bila dilakukan secara terus menerus dan berlebihan. Untuk itu gunakan hairdryer sesuai kebutuhan dan usahakan untuk mengurangi penggunaannya.

Penggunaan Jeruk Nipis

Selain menggunakan lidah buaya dan minyak zaitun, penggunaan jeruk nipis juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif berikutnya untuk merawat rambut kering. Cara penggunaan jeruk nipis seperti memanfaatkan air perasan jeruk nipis, dan pijat kulit kepala secara perlahan dengan perasan tersebut. Setelah itu barulah keramas dengan shampo yang mengandung vitamin E.

Demikian beberapa tips merawat rambut kering dan kusam yang dapat Anda lakukan.

loading...