Tips Merawat Rambut Patah Secara Alami

By Categories : Kecantikan

Seperti yang Anda ketahui kecantikan wanita seringkali dinilai dari keindahan rambutnya. Maka jangan heran jika banyak wanita yang melakukan beberapa perawatan agar rambut mereka dapat terawat lebih baik dan tentunya dapat membuat penampilan semakin menawan. Masalah yang sering menyerang rambut adalah seperti rambut bercabang dan juga rambut kering. Kedua masalah tersebut jika tidak segera diatasi pastinya dapat menyebabkan kondisi rambut lebih parah seperti rambut patah dan juga rusak. Jika Anda mengalami masalah yang satu ini, Berikut adalah tips merawat rambut patah secara alami yang dapat Anda terapkan.

cara merawat rambut patah

Cara merawat rambut patah agar lebih teratur

  • Hindari mengikat rambut terlalu sering
    Cara yang pertama adalah dengan cara menghindari mengikat rambut yang terlalu sering. Memiliki rambut yang panjang tentunya dapat mengganggu saat kita sedang beraktivitas. Akan tetapi, jika Anda terlalu sering mengikat rambut, ini akan membuat batang rambut terluka dan dapat menyebabkan rambut patah. Selain itu, mengikat rambut terlalu sering juga menjadi penyebab rambut rontok bagi wanita. Salah satu cara untuk menyiasati hal ini adalah menggunakan karet yang memiliki bahan lembut agar tidak melukai batang rambut.
  • Gunakan serum dan hair tonic
    Cara merawat rambut patah yang kedua adalah menggunakan serum dan juga hair tonic. Kedua nutrisi tersebut dapat menjaga kelembaban dan kesuburan rambut Anda. Untuk lebih jelasnya, serum berfungsi untuk melembabkan dan mengatasi rambut bercabang penyebab rambut patah. Sedangkan hair tonic yang Anda gunakan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dari akar. Anda dapat menggunakan ini setelah keramas ketika rambut dalam keadaan setengan kering.
  • Gunakan clarifying shampoo
    Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan clarifying shampoo atau yang lebih sering disebut dengan daily shampoo. Shampoo jenis ini sangat berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Agar hasil lebih maksimal, setelah menggunakan shampoo gunakanlan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  • Menyisir rambut setelah kering
    Setelah berkeramas dan membersihkan rambut Anda, sebaiknya tunggulah rambut hingga benar-benar kering untuk merapikannya. Merapikan rambut dengan cara menyisirnya dalam keadaan basah justru dapat membuat rambut menjadi lebih mudah patah. Jika Anda sedang buru-buru, Anda dapat menggunakan hairdryer ataupun kipas angin untuk membantu mengeringkan rambut Anda.
  • Gunakan sisir bergigi jarang
    Selain menggunakan hairdryer ataupun kipas angin, Anda juga dapat menggunakan sisir bergigi jarang untuk membantu mengeringkan rambut Anda. Setelah rambut kering, Anda dapat merapikannya dengan sisir bergigi rapat. Untuk memberikan sedikit relaksasi pada kulit kepala, Anda dapat memberikan pijatan ringan pada kulit kepala Anda. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah yang menuju kepala. Sehingga rambut lebih bernutrisi dan terhidar dari kerusakan.

Nah itulah beberapa cara merawat rambut patah yang dapat Anda coba. Baca juga artikel terkait tentang Penyebab rambut bercabang.