Tips Merawat Softlens Agar Aman Digunakan

By Categories : Kesehatan

Salah satu cara untuk tampil menarik adalah dengan menggunakan softlens. Softlens atau lensa kontak digunakan untuk memperindah mata serta membantu untuk mata minus, sehingga tanpa memerlukan kaca mata. Meskipun begitu, lensa kontak bisa menyebabkan efek negatif terhadap mata, terlebih lagi jika tidak diperhatikan cara perawatan yang benar. Tetapi jangan khawatir, selama dirawat dengan benar dan memperhatikan aturan pemakaian maka softlens atau lensa kontak aman digunakan. Lalu bagaimana tips merawat softlens? Untuk lebih jelasnya silahkan baca tips berikut ini!

tips merawat softlens

Berikut Tips Merawat Softlens yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga Softlens Agar Tetap Bersih

Tips aman yang pertama untuk merawat softlens agar aman digunakan adalah dengan merawat dan menjaga kebersihan softlens. Bagi Anda yang memiliki softlens tidak lupa juga memiliki kotak softlens. Kotak softlens berfungsi untuk menyimpan softlens setelah digunakan. Untuk itu menjaga kebersihan kotak softlens sangat disarankan. Ini dikarenakan untuk menghindari debu yang menempel pada softlens. Ketika debu menempel di softlens secara otomatis akan berdampak pada kesehatan mata. Oleh sebab itu bersihkan kotak softlens secara berkala. Baca juga Tips mengobati sakit mata secara alami.

Membersihkan Softlens Setelah Digunakan

Tips merawat softlens yang berikutnya adalah dengan membersihkan softlens setelah digunakan. Untuk menghindari bakteri dan debu yang menempel pada softlens akibat penggunaan seharian, sebaiknya dibersihkan setelah digunakan. Caranya cukup mudah dengan menggunakan cairan khusus pembersih softlens. Saat membersihkan softlens usahakan jangan terlalu kasar, karena jika terlalu kasar dapat mengakibatkan softlens robek, dan tidak bisa digunakan.

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Softlens

Seperti penjelasan di atas, setelah pemakaian sebaiknya dibersihkan dengan cairan khusus untuk softlens. Cairan ini berfungsi untuk menghindari softlens dari kuman dan debu yang bisa menempel kapan saja. Selain untuk membersihkan, cairan khusus pada softlens juga berfungsi untuk menjaga kadar air pada softlens. Dengan begitu softlens akan nyaman dan tidak kering saat digunakan.

Cuci Tangan Sebelum dan Setelah Memakai Softlens

Tips merawat softlens selanjutnya adalah selalu cuci tangan sebelum memakai softlens. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih saat menyentuh softlens baik ketika akan digunakan ataupun ketika melepasnya. Pasalnya ketika tangan dalam keadaan tidak bersih dapat memicu bakteri menempel pada softlens. Oleh karena itu jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan mencuci menggunakan sabun cair anti bakteri.

Jangan Gunakan Softlens yang Sudah Expired (Kadaluarsa)

Setiap barang tentu memiliki batas penggunaan, hal tersebut berlaku juga pada softlens. Untuk softlens yang sudah pada batasnya atau kadaluarsa sebaiknya jangan digunakan dan buang ke sampah. Karena secara kesehatan, softlens yang sudah kadaluarsa sebaiknya dibuang saja, jika digunakan tidak baik untuk kesehatan mata. Anda dapat menggantinya dengan yang baru dan berkonsultasi ke dokter mata atau optik resmi yang menjual softlens.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips merawat softlens agar aman digunakan. Penampilan memang penting untuk diperhatikan, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan . Jadi pastikan ketika Anda menggunakan softlens selalu menjaga kebersihan dan mengganti yang baru ketika sudah kadaluarsa. Baca juga Tips menjaga kesehatan mata.

loading...