Tips Olahraga Saat Puasa Agar Lebih Sehat dan Bugar

By Categories : Kesehatan

Olahraga saat puasa merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Akan tetapi banyak sekali orang yang masih saja menanyakan apakah olahraga yang dilakukan ketika puasa aman dan sehat? Pertanyaan itu seringkali ditanyakan oleh seseorang pecinta olahraga dan fitnes. Nah bagi Anda yang masih bingun dan belum jelas mengenai hal ini, tak usah khawatir. Kali ini akan menjelaskan mengenai tips olahraga yang tepat ketika sedang berpuasa.

Banyak orang yang menghindari olahraga ketika sedang berpuasa. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satu alasan yang sering dilontarkan adalah perut kosong dan tidak memiliki banyak energi. Namun tahukah Anda puasa bukanlah suatu pantangan untuk tetap berolahraga. Justru dengan berolahraga Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk mengoptimalkan kinerja hormon tubuh.

Perut yang kosong selama puasa dapat mempengaruhi perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon inilah yang membantu pembakaran lemak lebih cepat serta pembentukan otot. Tak hanya itu saja, berolahraga secara tertaur ketika puasa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga tubuh akan terbebas dari penyakit diabetes atau kencing manis. Jika olahraga pada saat puasa diimbangi dengan tidur yang cukup, Anda tak hanya bisa mendapatkan hal di atas. Namun olahraga juga sangat efektif untuk pembentukan jaringan otot, meningkatkan kepadatan tulang serta membakar lemak lebih cepat.olahraga saat puasa

Sehingga tubuh lebih proporsional dan idel. Namun meskipun begitu, Anda masih tetap harus memperhatikan kondisi tubuh, mengingat kondisi tubuh tidak sama dengan kondisi tubuh ketika tidak berpuasa. Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan tips-tips berikut ini agar olahraga yang Anda lakukan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Tips dan Waktu yang Tepat Olahraga Saat Puasa

Mengurangi Intensitas Olahraga

Yang pertama adalah dengan cara mengurangi intensitas olahraga. Hal ini merupakan salah satu tips yang perlu Anda perhatikan, mengingat tubuh tidak sekuat ketika tidak berpuasa. Oleh karena itu seorang pakasr fitnes, Dionisius Henry menyarankan untuk melakukan olahraga seperti biasa meskipun sedang berpuasa.

Hanya saja Anda harus mengurangi durasi atau lamanya olahraga. Jika tubuh sudah merasa lemas dan sulit bernapas sebaiknya Anda menghentikan kegiatan olahraga tersebut. Intinya, berolahragalah sesuai dengan kemampuan tubuh jika tidak kuat sebaiknya jangan dipaksakan, karena dapat menyebabkan tubuh semakin drop dan tidak sehat.

Baca juga  jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa dilakukan

Perhatikan Jenis Olahraga

Memperhatikan jenis olahraga yang akan dikerjakan juga tak kalah penting untuk diperhatikan. adapun pilihan jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah olahraga ringan atau sedang yang tidak tinggi akan resiko. Hal ini bertujuan agar energi dalam tubuh tetap terjaga dan tidak terkuras habis sampai menjelang buka puasa. Seperti yang Anda ketahui ketika tubuh mengalami dehidrasi pastinya hal ini akan memperburuk kesehatan. Oleh karena itu pilihlah olahraga yang low impact seperti jalan cepat, bersepeda, yoga dan olahraga ringan lainnya.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan juga harus diperhatikan. Karena makanan yang Anda konsumsi dapat memberikan energi dalam tubuh. Ketika buka dan sahur, pilihlah makanan sehat seperti nasi merah, sayuran, buah-buahan, roti, oatmeal dan makanan sehat lainnya. Sebaiknya hindari makanan kaya lemak serta makanan manis ketika sahur. Karena selain dapat membuat tubuh cepat lapar, makanan tersebut dapat menyebabkan rasa haus dan lemas yang tek tertahankan.Tips Olahraga Saat Puasa Agar Lebih Sehat dan Bugar

Perhatikan Waktu

Tips Olahraga saat puasa berikutnya adalah dengan memperhatikan waktu. Henry juga menyarankan untuk berolahraga secara teratur seminggu tiga kali, khusunya bagi Anda yang memiliki tubuh sehat dan tidak mengidap penyakit tertentu.

Lantas kapan waktu terbaik untuk berolahraga ketika puasa? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Banyak yang menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk olahraga ketika puasa adalah menjelang buka puasa. Hal ini dikarenakan, setelah selesai olahraga Anda bisa langsung minum. Sehingga kemungkinan tubuh kehabisan gula darah dan energi bisa dapat tergantikan ketika buka puasa. Hal ini juga menurunkan resiko tubuh mengalami dehidrasi dan hipoglikemia atau kekurangan gula darah dalam tubuh.

Meskipun begitu ada pula yang berolahraga pada malam hari setelah buka puasa atau setelah sholat tarawih. Hal ini juga sangat dianjurkan, terlebih bagi Anda yang tidak memungkinkan olahraga menjelang buka puasa. Meskipun begitu, olahraga setelah buka puasa juga memiliki manfaat yang sama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena kalori yang Anda konsumsi ketika berbuka dapat cepat terbakar. Sehingga, hal ini dapat menurunkan resiko perut buncit dan obesitas.

Baca juga tips sehat menjalankan puasa yang benar dan tepat

Demikianlah ulasan mengenai tips olahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar yang dapat Anda terapkan.

loading...
Tags:apakah dgn berpuasa lemak bisa cepat terbakar