Tips Penampilan Saat Interview

By Categories : Fashion

Tips penampilan saat interview sangat penting untuk diketahui oleh semua orang. Nah bagi Anda yang akan menghadapi sesi wawancara atau interview, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tips penampilan ketika akan interview. Langsung saja, berikut ulasannya.

Sesi interview atau wawancara  adalah suatu kondisi di mana Anda akan bertemu langsung dengan pihak personalia perusahaan yang Anda lamar. Dalam hal ini tentu saja Anda harus memberikan kesan pertama yang baik. Tak hanya dari tingkah laku saja,  aspek penampilan juga wajib diperhatikan ketika Anda melakukan wawancara kerja.

Perlu diketahui bahwa penampilan ketika melakukan interview memiliki peranan penting bagi setiap orang yang menjalaninya. Karena busa seseorang ketika melakukan interview juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Maka jangan heran jika banyak orang yang akan merasa grogi dan tidak percaya diri jika menggunakan busana yang tidak tepat.

jobhuntingcenter -wawancara kerja - penampilan profesional

Pewawancara pastinya telah memiliki kemampuan dalam segala bidang yang mampu melihat dan mengartikan segala sesuatu yang ada pada diri seorang yang ingin diwawancarai contohnya melalui dari warna pakaian yang digunakan pada saat interview, gestur tubuh, tatapan mata, cara berbicara dan masih banyak lagi.

Namun penilaian yang sering dilihat seorang pewawancara pertama kali adalah dari sebuah penampilan, maka dari itu perhatikan dahulu dan persiapkan semaksimal mungkin pada saat ingin melakukan interview. Lalu apa saja tips yang paling tepat agar penampilan saat interview maksimal? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Tips Penampilan Saat Interview yang Benar dan Tepat

Perhatikan Pada Bagian Wajah

Bagi seorang wanita tata rias wajah merupakan salah satu cara untuk mendukung dari sebuah penampilan. Selain itu dari wajah juga dapat memberikan sebuah penilaian, usahakan pada saat interview menggunakan make up yang sederhana tidak usah terlalu tebal dan menggunakan warna-warna yang mencolok karena itu bisa memberikan penilaian yang buruk pada diri Anda. Anda bisa menerapkan make up natural mulai dari warna bedak serta eyeshadow maupun blush on yang Anda gunakan.

Baca juga cara make up natural untuk wajah berminyak agar tahan lama

Cara Berpakaian

Ketika interview ada beberapa cara berpakaian yang perlu diperhatikan. Agar tidak salah kostum ketika wawancara, berikut adalah cara berpakaian saat interview yang tepat yang perlu diketahui.

1. Menggunakan pakaian yang simple

Yang pertama adalah gunakan pakaian yang simpel dan gunakan pakaian yang sesuai dengan selera. Hal ini tentu saja akan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hindari busana yang glamor dan banyak pernak-pernik, sebaiknya gunakanlah pakaian yang serasi dan dengan warna yang netral. Selain itu berikan kesan yang rapi dan usahakan jangan menggunakan jas atau blezer yang kebesaran, jangan menggunakan aksesoris seperti tas yang sudah usang, sepatu harus sudah disemir dan baju harus sudah disetrika.

2. Pemilihan warna

Tips penampilan saat interview selanjutnya adalah memperhatikan pemilihan warna. Pemilihan warna juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena bagi pewawancara yang sudah ahli, beberapa warna juga memiliki arti. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok seperti kuning, pink dan lainnya. Pilihlah pakaian yang memiliki warna netral dan senada misalnya saja abu-abu, hitam dan juga putih.

3. Hindari Menggunakan Kaos dan Celana Jeans

Berikutnya adalah hindari pemakaian kaos dan celana jenas. Penampilan yang satu ini dapat memberikan kesan bahwa Anda tidak serius menanggapi sesi wawanara tersebut. Oleh karena itu, agar terlihat lebih rapi dan juga profesional gunakanlah pakaian formal seperti kemeja dan celana bahan. Bagi pria, Anda juga bisa menggunakan dasi.

4. Perhatikan Sepatu

Sepatu juga sangat penting sekali untuk diperhatikan. Jika salah memilih sepatu, maka penampilan Anda pun akan berantakan. Ketika akan interview, pilihlah sepatu dengan bagian ujungnya tertutup. Meskipun tidak ada ketentuan warna yang harus digunakan dalam sepatu, tapi sebaiknya gunakanlah sepatu berwarna gelap seperti hitam ataupun cokelat tua.

Jika perusahaan tersebut formal, maka penampilan Anda pun harus mengimbanginya, mulai dari pakaian dan juga sepatu. Namun jika perusajaan yang Anda lamar bergerak di bidang kreatif, pilihlah sepatu yang dapat membantu Anda bergerak dengan leluasa, namun tetap berujung tertutup, seperti Oxford shoes ataupun sepatu yang berjenis platform.

Perhatikan Bagian Rambut

Bagian rambut juga memegang peranan penting seperti halnya cara berpakaian, untuk tampil yang sempurna rambut harus ditata dengan rapi dan pakailah aksesoris rambut jangan yang berlebihan apalagi sampai menggunakan aksesoris yang kekanak-kanakan. Lebih baik Anda cukup mengikat sebagian rambut saja, itu merupakan mode rambut yang jitu pada saat interview.

Baca artikel terkait lainnya Tips Memilih Sepatu Sesuai Warna Kulit

Itulah tips penampilan saat interview namun itu hanya tahap awal dari sebuah proses, hal yang lainnnya tergantung dari keahlian Anda sendiri.

loading...
Tags:cara nyemol rambut, tata busana yang baik untuk interview kerja, tata busana ketika interview, riasan wajah saat interviu, penampilan yg harus diperhatikan saat interview, penampilan wajah untuk interview, pakaian yang dipakai pada saat interview pertama kali kerja di perusahaan untuk wanita, pakaian modis untuk interview, pakaian interview kerja wanita, model sepatu kanvas wanita interview, dandanan cewek saat interview, dandan saat interview utk cwo, tips penampilan saat akan interview