Tips Sehat Berpuasa untuk Penderita Maag

By Categories : Kesehatan

Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung, penyakit ini biasanya dikarenakan seseorang sering makan tidak teratur atau bahkan terlalu sering terlambat saat makan. Oleh karena itu para penderita penyakit maag ini sangat disarankan untuk makan secara teratur dan menghindari beberapa makanan tertentu. Pertanyaannya lalu bagaimana ketika bulan puasa datang? Nah untuk mengetahui lebih lanjut, pada pembahasan ini membahas mengenai beberapa tips sehat berpuasa untuk penderita maag serta beberapa hal yang perlu dihindari!

Tips Sehat Berpuasa untuk Penderita Maag

Berikut Tips Sehat saat Berpuasa bagi Penderita Maag

Usahakan untuk Melakukan Sahur

Melakukan sahur merupakan kewajiban yang perlu dilakukan bagi para penderita maag saat berpuasa. Adapun manfaat yang dapat diambil dari sahur ini adalah seperti membantu menurunkan keasaman dari cairan lambung, memberikan energi yang sangat dibutuhkan pada siang hari sampai sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Nah untuk itu bagi penderita maag maupun tidak jangan lupa untuk sahur.

Menghindari Tidur Setelah Sahur

Tips sehat berpuasa bagi para penderita maag berikutnya adalah menghindari tidur setelah melakukan sahur. Hal ini tidak baik untuk lambung yang mengalami peradangan. Secara medis ketika proses tidur akan menyebabkan meningkatnya pergerakan saluran pencernaan, sehingga proses pengosongan lambung akan lebih cepat. Akibatnya adalah asam lambung akan meningkat.

Menghindari Stres pada Pikiran

Selanjutnya adalah usahakan untuk tidak stress pada saat berpuasa. Stres akan menyebabkan efek negatif bagi tubuh yang pertama adalah sekresi asam lambung meningkat yang dapat menyebabkan rusaknya dinding lambung lebih cepat, dan yang kedua adalah ketika seseorang menghadpi stress, dapat dipastikan lendir pelindung lambung akan menipis akibat tekanan dari stress.

Makan Makanan Secukupnya

Yang keempat adalah makan makanan secukupnya saja. Mengonsumsi makanan saat berbuka dan saat sahur secukupnya sangat dianjurkan. Ini dikarenakan ketika kenyang dengan mengonsumsi makanan tidak terlalu banyak, ini dikarenakan otot lambung cukup kuat dalam melakukan kontraksi yang bertujuan untuk mencerna makanan yang akan diserap oleh tubuh.

Melakukan Aktivitas di saat Puasa

Melakukan aktivitas seperti membaca saat puasa merupakan ide positif untuk dilakukan. Ini dikarenakan otak akan merangsang hormon tekolamin. Hormon tersebut membantu mengurangi keluaran dari asam lambung dan enzim pada pencernaan, sekresi asam lambung akan menurun, serta membantu untuk menghancurkan lemak berlebih.

Setelah mengetahui lebih mengenai tips sehat saat berpuasa, alangkah baiknya jika mengetahui hal yang perlu dihindari, simak pembahasannya di bawah ini!

Hal yang Perlu Dihindari saat Puasa bagi Penderita Maag

  • Menghindari segala bentuk makanan yang berlemak, diolah dengan cara digoreng, serta makanan dengan cita rasa asam.
  • Menghindari makan makanan rasa pedas, ini dikarenakan untuk penderita maag makanan dengan cita rasa pedas justru dapat meningkatkan asam lambung.
  • Menghindari minuman yang mengandung kafein dan bersoda, meski bukan penderita maag tetapi minuman ini perlu dihindari untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa.
  • Menghindari merokok saat buka maupun saat sahur.
  • Yang terakhir adalah menghindari obat-obatan yang hanya memperburuk kondisi bagi lambung.

Nah demikianlah tadi ulasan mengenai tips sehat berpuasa untuk penderita maag yang wajib diketahui.

Tags:tips sehat puasa bagi penderita maaq