Tips Sehat di Musim Hujan

By Categories : Kesehatan

Perubahan cuaca yang ekstrim dan juga musim penghujan biasanya tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini karena tubuh harus menyesuaikan dengan kelembaban udara yang sekarang.  Perubahan kelembaban udara dapat mempermudah bakteri serta kuman masuk dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Dan jika sistem kekebalan tubuh melemah, hal ini lah yang membuat seseorang mudah terserang penyakit. Baca juga tips memilih pakaian di musim hujan.

ingin-buah-hati-tetap-sehat-dan-kebal-di-musim-hujan-lakukan-ini-bunda

Maka dari itu, menjaga kesehatan di musim yang seperti ini sangatlah penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti flu, demam hingga demam berdarah. Lantas, bagaimana cara hidup sehat di musim penghujan? Intip tipsnya berkiut ini!

Tips sehat di musim hujan

Mengonsumsi buah-buahan

Tips yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah  buah yang mengandung vitamin C untuk dikonsumsi. Karena vitamin C pada buah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh memiliki resiko terserang suatu penyakit. Selain mengonsumsi buah, Anda juga bisa memilih alternatif lain dengan cara mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C.

Menjaga asupan makanan

Tips yang ke dua adalah dengan cara menjaga asupan makanan. Saat cuaca dingin, tubuh juga akan merasa dingin. Sebaiknya konsumsi makanan berkuah yang sehat seperti sup sayuran atau soto ayam. Hal ini bertujuaan agar tubuh tetap hangat selama cuaca dingin. Hindari makanan berkuah seperti mie instan. Karena makan mie instan yang berlebih dapat memicu suatu penyakit.

Cukupi kebutuhan air putih

Selama musim hujan biasanya kita tidak merasa haus, tetapi meskipun begitu Anda harus tetap mencukupi kebutuhan yang satu ini. Air putih yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cukupilah kebutuhan air setiap harinya dengan minum 8-9 gelas atau 1,5 liter. Anda juga dapat mengonsumsi minuman hangat seperti jahe hangat atau teh hangat. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Olahraga rutin

Selain tips di atas, olahraga juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Dengan berolahraga, ini akan meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, Anda dapat berjalan kali setiap pagi. Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, Anda juga dapat menikmati berolahraga dengan menyalurkan hobi. Berolahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan juga sehat baik musim penghujan ataupun kemarau.

Selain tips di atas, Anda juga harus memperhatikan kualitas tidur. Pastikan tidur 8-9 jam per hari. Tidur yang berkualitas akan dapat memulihkan stamina dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda :)

Baca juga artikel terkait tips mengatasi insomnia secara alami.

loading...
Tags:pakaian d musim hujan, fashion anak saat musim hujan, jaket musim hujan wanita