Tips Sehat Menjalankan Puasa

By Categories : Kesehatan

Puasa merupakan rukun islam yang ketiga dan wajib untuk dilaksanankan bagi setiap umat muslim yang memang sudah balig. Puasa itu sendiri dilakasanakan selama 30 hari lamanya ketika di bulan ramadhan dan hanya boleh di tinggalkan bagi orang yang benar-benar tidak malakukan seperti orang dalam keadaan menstruasi, sakit dan dalam perjalanan jauh atau musafir. Itupun dengan catatan Anda harus menggantinya di lain hari atau di lain bulan ramadhan sejumlah puasa yang Anda tinggalkan.

Tips Sehat Menjalankan Puasa

Nah dari sedikit ulasan mengenai pengertian puasa itu sendiri tentu saja Anda akan melakukan banyak persiapan untuk menyambut bulan yang penuh rahmat tersebut, dan pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa tips sehat menjalankan puasa. Adapun ulasannya adalah berikut ini.

Tips Sehat Menjalankan Puasa yang Perlu Anda Ketahui

Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Mengingat ketika berpuasa dalam waktu berjam-jam tentu saja tubuh akan bereaksi lemas dan lelah karena tidak mendapatkan asupan nutrisi di dalamnya. Maka sangat dianjurkan sekali ketika makan sahur mengonsumsi makanan yang banyak mengadung karbohidrat kompleks, karena karbohidrat komplek yang terdapat dalam makanan tersebut selain menyehatkan ketika puasa juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar pada saat siang hari. Adapun jenis makanannya adalah gandum, kacang-kacangan, beras, daging, unggas, sayur dan buah-buahan.

Makanan Makanan yang Mengandung Glukosa

Memang tidak baik mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa terlalu banyak, namun glukosa juga memiliki manfaat untuk memulihkan energi kembali bugar pada tubuh. Biasanya seseorang yang telah seharian menahan lapar tentu energi dalam tubuh akan terkuras, maka sangat diperlukan sekali untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung glukosa ketika berbuka puasa seperti kurma dan makanan atau minuman manis lainnya.

Menghindari Makanan Fast Food

Tips sehat menjalankan puasa selanjutnya adalah menghindari makanan fast food. Selain sebagai salah satu makanan penyebab penyakit jantung, makanan fast food atau makanan cepat saji ini sangat tidak baik sekali jika disajikan sebagai menu makan sahur atau berbuka karena dapat menyebabkan gangguan dalam pencernaan, nyeri di ulu hati dan masalah berat badan.

Mengonsumsi Air yang Cukup

Untuk mengembalikan cairan yang mungkin terkuras setelah seharian berpuasa tentu tubuh akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu ketika berbuka puasa dan sahur minumlah air yang banyak, selain menghindari dehidrasi ketika siang hari pada saat berpuasa, juga bisa memulihkan energi dalam tubuh.

Melakukan Olahraga Ringan

Meskipun dalam kondisi sedang berpuasa tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena olahraga sangat penting sekali untuk menunjang kesehatan tubuh apalagi pada saat berpuasa. Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki.

Nah itulah tips sehat menjalankan puasa. Semoga dengan tips yang telah di jelaskan dia atas dapat membuat ibadah puasa kita lancar dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Baca juga artikel terkait mengenai Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

loading...