Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari

By Categories : Kesehatan

Insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Insomnia sendiri disebabkan karena beberapa faktor salah satunya yaitu, masalah kesehatan, faktor pekerjaan dan juga beban pikiran yang terlalu tinggi serta stres. Jika hal ini tidak segera diatasi, insomnia dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang lain seperti, pusing, menurunkan konsentrasi, menurunkan kinerja otak dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Pada umumnya ada beberapa tips mengatasi insomnia, salah satunya yaitu mengatur jadwal tidur, minum air putih dan juga berolahraga. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan tentang tips tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari! Selamat membaca :)

Ingin-tidur-nyenyak-mungkin-Anda-perlu-suplemen-ini

Tips tidur agar lebih nyenyak

Hindari minum kopi

Tips yang pertama adalah hindari minum kopi. Seperti yang Anda ketahui kopi merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi baik pria dan juga wanita. Meskipun kopi bermanfaat bagi kesehatan, Namun jika Anda ingin tidur nyenyak di malam hari sebaiknya Anda hindari minuman berkafein ini. Hal ini dikarenakan kafein dapat membuat mata Anda tidak akan merasa ngantuk meskipun sudah larut malam.

Menetapkan jadwal tidur

Tips yang kedua adalah dengan cara menetapkan jadwal tidur Anda. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari dan lebih fresh di pagi hari. Jika Anda sering terbangun di malam hari, sebaiknya Anda tetap tidur di tempat tidur Anda. Jika Anda bangun dan melakukan aktivitas kembali, hal ini dikhawatirkan akan merusak waktu tidur Anda di malam hari.

Batasi makanan sebelum tidur

Tips selanjutnya adalah membatasi makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur. Jika perut Anda merasa lapar pastinya hal ini akan mengganggu tidur Anda. Begitu juga sebaliknya jika Anda tidur dengan keadaan perut yang terlalu kenyang maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan 1 jam sebelum tidur. Ini akan membuat makanan yang Anda makan sudah diproses sebelum Anda tidur. Baca juga makanan berserat tinggi bagi tubuh.

Perhatikan kenyamanan dan kerapian tempat tidur

Seseorang yang memiliki kamar yang rapi, bersih dan juga nyaman tentunya akan senang berada di kamarnya. Maka dari itu perhatikan kebersihan, kenyamanan dan kerapian tempat tidur Anda mulai dari sprei, bantal dan juga kasur Anda. Karena hal tersebut sangat bermanfaat dan sangat diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas dan tentunya nyenyak di malam hari.

Sekarang sudah tahu kan apa saja tips tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari? Tidur yang berkualitas sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya. Selain hal tersebut, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas Anda juga dapat melakukan beberapa tips lainnya seperti olahraga, tidak membawa ponsel saat tidur dan juga mematikan laptop saat akan tidur. Semoga bermanfaat :)