Vaksin Penyakit Meningitis untuk Anak

By Categories : Kesehatan

Vaksin Penyakit Meningitis untuk Anak– Meningitis atau penyakit radang selaput otak ini merupakan penyakit yang baru terdengar ditelinga kita semua. Namun sekarang penyakit ini semakin tenar di kalangan masyarakat. Penyakit meningitis menurut tim medis mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus cenderung sangat mudah untuk diobati, namun berbeda dengan yang disebabkan oleh bakteri seperti kasus yang sudah dialami oleh salah satu artis papan atas yang meninggal karena penyakit meningitis tersebut.

Melihat kasus tersebut tentu saja akan membuat kita semakin waspada, terutama pada anak kecil. Jika Anda sebagai orang tua perlunya Anda selalu menjaga buah hati Anda dari serangan bakteri meningitis. Bakteri meningitis sangat banyak persebarannya di lingkungan terbuka. Selain itu penyakit meningitis sangat mudah ditularkan melalui cairan seperti keringat air liur dan cairan dari hidung ketika bersin. Oleh sebab itu dokter sangat meghimbau untuk dapat menjaga jarak dengan orang yang terkena penyakit meningitis tersebut. Baca juga artikel ini Tanda-Tanda Pembuluh Darah Tersumbat

h
Khusunya pada anak-anak kecil yang cenderung tidak tahu tentang bahaya dan cara pencegahannya. Maka dengan begitu ini salah satu tanggung jawab orang tua untuk selalu menjaga kesehatan pada diri anak. Salah satu caranya vaksin penyakit meningitis untuk anak, karena dengan cara tersebut anak akan selalu terjaga dari persebaran bakteri penyakit meningitis. Berikut penjelasannya !

Vaksin Penyakit Meningitis untuk Anak

Vaksin meningitis memang sangat dianjurkan ketika anak masih dalam usia dua tahun. Vaksin yang tepat untuk diberikan pada bayi adalah Haemophilus influenza type B atau HiB dan Invasive Pneumococcal Disease atau IPD. Sebenarnya kedua vaksin tersebut tidak hanya digunakan untuk mencegah penyakit meningitis saja, tapi melainkan juga bisa mencegah beberapa penyakit lainnya diantaranya tifus, influensa, radang paru-paru (TBC), dan kusta.

Kedua vaksin tersebut memang belum ditetapkan oleh pemerintah. Tapi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat menganjurkan kepada orang tua untuk melakukan vaksin kepada anaknya untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri salah satunya penyakit meningitis.

Nah,,itulah penjelasan mengenai vaksin penyakit meningitis untuk anak, maka dengan begitu sekarng Anda bisa tahu jenis vaksin apa yang digunakan untuk mencegah penyakit meningitis pada anak Anda. Sekian dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel terkait lainnya Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

loading...