Keep Spirit

3 Alasan Kamu Harus Pakai Tabir Surya Meski Di Rumah Aja

SPIRIT – Hayoo, siapa yang selama ini mengira kalau tabir surya atau sunscreen hanya digunakan saat kamu keluar rumah saja? Siapa nih...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

SPIRIT – Hayoo, siapa yang selama ini mengira kalau tabir surya atau sunscreen hanya digunakan saat kamu keluar rumah saja? Siapa nih yang selama masa karantina dan work from home ini tidak menggunakan tabir surya? Apalagi yang enggak pernah pakai tabir surya atau suncreen selama ini walaupun di dalam maupun di luar rumah.

Sekarang waktunya untuk kamu merubah kebiasaan itu. Karena ternyata tabir surya atau sunscreen itu sangat penting, loh untuk kesehatan dan penampilan kulit. Bahkan memakai sunscreen menjadi kekuatan dan sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit kamu sekalipun kamu di rumah aja. Menurut NCB News, memakai tabir surya dan sunscreen walaupun di dalam ruangan itu sangat penting.

Berikut ini adalah 3 alasan kamu harus tetap menggunakan tabir surya walaupun di dalam ruangan.

1. Kerutan wajah akibat Sinar UVA

Sinar UVA bisa menembus kaca
Sinar UVA bisa menembus kaca

Sinar matahari ternyata terdiri atas beberapa jenis sinar, loh. Salah satunya adalah sinar UVA, sinar UVA ini memiliki panjang radiasi yang terpanjang dari sinar UV lainnya. Sinar UVA memiliki panjang radiasi sekitar 315-400 mm dan dapat menembus kaca, loh. Karena itu sinar UVA ini tetap dapat menembus lewat kaca jendelamu.

Memang sih, jenis sinar UVA ini tidak menyebabkan penggelapan pada kulit seperti sinar UV yang lain. Namun sinar UVA ini yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan dan berkurangnya elastisitas kulit. Apalagi sinar UVA ini sangat berkontribusi dengan pembentukan kanker kulit.

2. Tabir surya halau Sinar UVB

sunburn
Sunburn

Jenis sinar UV lain yang berbahaya bagi kulit adalah sinar UVB. Akan sangat berbahaya jika kulit terpapar sinar UVB dalam waktu yang cukup lama. Karena ini merupakan sinar UV yang dapat merusak DNA kulit. Sinar UVB dapat menyebabkan peradangan di kulit.

Efek yang sering terlihat adalah kulit merah atau kulit terbakar yang sering juga disebut sunburn. Jika kamu terpapar sinar UVB dalam waktu yang cukup lama apalagi secara terus-menerus tanpa perlindungan. Sel kulit akan menjadi sulit diperbaiki lagi hingga menyebabkan kanker kulit, loh.

3. Tabir Surya halau Blue Light

bluelight tabir surya
bluelight

Blue light atau cahaya biru adalah cahaya yang diproduksi dari komputer, laptop, smartphone, tablet, TV dan berbagai perangkat digital lainnya. Tentu saja, kamu pasti punya perangkat-perangkat digital kan di rumah. Dan cahaya dari semua perangkat digital ini dapat mempengaruhi kulit kita melalui dua cara yang tidak kita duga.

Pertama, kulit yang sering terpapar blue light tanpa perlindungan akan meningkakan produksi melanin atau pigmentasi kulit. Hal ini dapat menyebabkan melasma dan munculnya bintik-bintik yang merupakan tanda penuaan dini. Kedua, blue light atau cahaya biru dapat menyebabkan radikal bebas yang merupakan penyebab dari peradangan dan kerusakan kolagen dan mengurangi jaringan elastis di kulit.

Ternyata di dalam rumah pun ada ancaman bagi kulit kamu yang tidak terlindungi sehingga sangat penting untuk tetap menggunakan tabir surya atau sunscreen di rumah. Mulailah menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari. Walaupun kamu tidak sedang berada di luar ruangan dan di dalam ruangan atau bekerja dari rumah.

Jangan lupa untuk memilih produk tabir surya atau sunscreen yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Pilihkan produk sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF atau Sun Protection Factor. Ada banyak varian SPF yang tersedia namun minimal gunakan produk dengan SPF 30 agar bisa melindungi kamu dari sinar UVB juga. Kamu juga bisa memilih produk yang memberikan perlindungan tinggi dengan nilai SPF 50+ dan PA++++ yang mampu melindungi kulit kamu dari dampak sinar UVB dan efek negatif sinar UVA. Hasilnya akan lebih baik dan lebih maksimal.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *