3 Kecerdasan yang Wajib Dimiliki Seorang Ibu

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Hai, Smart Ladies!

    Ladies, status seorang ibu adalah sebuah status dengan banyak keistimewaan. Ibu mengandung janin di dalam perutnya selama sembilan bulan dengan segala kepayahannya. Setelah melahirkan, kewajibannya bahkan makin bertambah. Mulai dari menyusui, mengasuh, dan menjaga sang buah hati. Segala hal yang berhubungan dengan anak, seperti makanan yang dikonsumsi, baju yang dipakai, serta keamanan lingkungan sebagian besar menjadi tanggung jawab sang ibu.

    Selama hampir dua puluh empat jam dan tujuh hari seminggu anak bersama dengan ibu. Hal ini membuat tanggung jawab ibu atas pengasuhan anak sangat besar. Walau sang ayah juga memiliki tanggung jawab yang sama, ibu mengambil porsi lebih besar, apalagi saat anak masih berada di usia emas. Itulah sebabnya, seorang ibu dituntut memiliki tiga kecerdasan untuk menunjang kewajibannya mendidik dan mengasuh anak. Apa saja 3 kecerdasan yang dimaksud? Berikut ulasannya.

    1. Kecerdasan Spiritual

    Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kondisi kepandaian jiwa. Contoh kecerdasan ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan segala keadaan, fleksibel, cakap menghadapi segala situasi dengan tenang, mandiri, berkesadaran tinggi, mampu menghadapi kegagalan, dan bisa mengambil hikmah dari sebuah peristiwa.

    Seorang ibu yang memiliki kecerdasan spiritual akan mampu mengajarkan kesiapan jiwa kepada anak-anak dalam menghadapi kehidupannya kelak. Ladies, bisa dipastikan, anak yang memiliki ibu cerdas secara spiritual akan tumbuh menjadi manusia yang tahan banting.

    2. Kecerdasan Emosional

    Kecakapan mengendalikan emosi dan mood merupakan contoh dari kecerdasan emosional. Seorang ibu wajib memiliki sifat sabar dan mampu mengendalikan stres. Seperti kita ketahui, mendidik, mengasuh, dan menjaga anak berusia batita sangat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Banyak hal kecil yang wajib diperhatikan demi kenyamanan bayi, ya, Ladies.

    Banyak gangguan emosional yang berpotensi dialami oleh seorang ibu baru. Gangguan ini bahkan banyak yang berakibat fatal tidak hanya bagi sang ibu, tetapi juga terhadap bayi yang baru dilahirkannya. Dukungan dan kerja sama dari semua orang di sekitar ibu adalah yang terpenting agar ibu mampu melatih kecerdasan emosionalnya.

    3. Kecerdasan Intelektual

    Ibu adalah sekolah yang utama bagi anak-anaknya. Tempat pertama seorang anak belajar dan bertanya banyak hal adalah ibunya. Itulah mengapa seorang ibu wajib pandai dalam segala hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Seorang ibu yang cerdas akan menularkan kecerdasannya pada sang anak.

    Ada pepatah yang mengatakan, ‘Bila ingin menghancurkan sebuah bangsa, rusaklah akhlak kaum perempuannya, yakni para calon ibu’. Hal ini mencerminkan bahwa peran seorang ibu sangat besar dalam menciptakan sebuah generasi dan peradaban manusia. Tentu saja, ayah juga memiliki andil yang tak jauh berbeda. Ladies akan atau sudah menjadi seorang ibu? Mulai belajar, yuk, agar kita bisa menciptakan generasi yang mampu menjadi khalifah terbaik di muka bumi.

     

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/3-kecerdasan-yang-wajib-dimiliki-seorang-ibu/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *